MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN RUMAH BAHASA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA
Abstrak
Rumah Bahasa merupakan program pelayanan publik dari Pemerintah Kota Surabaya yang didirikan untuk mewujudkan masyarakat Kota Surabaya yang berkompeten dalam penguasaan bahasa asing agar memiliki nilai dan daya saing dalam menghadapi MEA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi pengelolaan Rumah Bahasa sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dianalisis dengan tahapan yang meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara daring, dan dokumentasi dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan informan. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa manajemen strategi yang diterapkan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat Kota Surabaya melalui program Rumah Bahasa cukup membantu kehidupan masyarakat karena partisipan merasakan adanya peningkatan kemampuan bahasa asing sebab pelatihan di Rumah Bahasa rutin menerapkan practical learning yang hasilnya lebih nyata dirasakan dalam kemampuan percakapan. Namun masih perlu adanya wujud penilaian yang diberikan kepada partisipan berupa sertifikat atau surat keterangan sebagai bentuk apresiasi supaya partisipan dapat melihat tingkat keberhasilan dan menilai kemampuan berbahasa asing setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelaksana perlu mengadakan sosialisasi yang lebih gencar untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti pelatihan dan mengatasi perihal terbatasnya tutor pada bahasa asing tertentu.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Bahasa.
Abstract
Rumah Bahasa is a public service program from the Surabaya City Government which was established to realize the people of Surabaya City who are competent in mastering foreign languages so that they have value and competitiveness in facing the MEA. This study aims to describe the management strategy of the Rumah Bahasa as an effort to empower the people in the Surabaya City. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The focus of this research is analyzed by stages which include enviromental observation, strategy formulation, strategy implementation, and evaluation. Data was collected using observation techniques, online interviews, and documentation using purposive sampling as a technique for determining informants. The results of the study found that the strategic manegement applied as an effort to empower the people of Surabaya City through the Rumah Bahasa program was quite helpful in people’s lives, participants felt an increase in foreign language skills because the training at the Rumah Bahasa routinely applied practical learning which results were more clearly felt in conversational skills. However, there is still a need for an assessment given to participants in the form of certificates as a form of appreciation so that participants can see the level of success and assess foreign language skills after joining the training. In addition, implementers need to conduct more intensive socialization to attract public interest to participate in training and overcome the problem of limited tutors in certain foreign languages.
Keywords: Strategic Management, Community Empowerment, Rumah Bahasa.