Logo dan corporate identity merupakan simbol yang mewakili citra suatu perusahaan. Katering Bu Mul salah satu usaha Katering di Kota Sidoarjo yang memiliki Cita Rasa Masakan Khas Jawa Timur. Dikelola oleh Ibu Puji Astuti yang dimulai sejak tahun 2000 hingga sekarang. Nama Katering Bu Mul diambil dari Nama panggilan masyarakat sekitar tempat usaha Ibu Puji Astuti yang merupakan Istri dari Bapak Mul, sehingga dipanggil Bu Mul. Katering Bu Mul memiliki identitas visual berupa logo dan beberapa media promosi serta stationary set namun belum efektif untuk menarik masyarakat menggunakan jasa dari Katering Bu Mul. Identitas adalah bagian terpenting dalam suatu perusahaan. Identitas Katering Bu Mul sendiri belum menunjukkan karakter yang dimilikinya. Tujuan dari perancangan ini adalah meredesain corporate identity Katering Bu Mul sesuai dengan karakter dan kelebihan yang dimiliki.
Data yang dibutuhkan dalam perancangan ini yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data pada perancangan ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis dengan metode analisis SWOT, USP dan Positioning. Setelah itu, menentukan konsep desain dan ide perancangan. Yang dirancang adalah Logo serta corporate identity dengan melalui tahapan thumbnail, tight tissue, hingga final design. Setelah logo selesai dibuat, lalu diaplikasikan ke Stationary Set, Promotion tools, social media, dan signage. Kemudian membuat pedoman sistem identitas visual guna mempermudah informasi penggunaan dan penerapan logo pada berbagai media dengan benar.
Melalui perancangan ini, Katering Bu Mul akan memiliki corporate identity yang sesuai dengan citra baik dan ciri khasnya. Sehingga, Katering Bu Mul memiliki citra yang baik dan konsisten. Mengingat corporate identity yang konsisten sangatlah penting. Katering Bu Mul diharapkan tidak mengubah-ubah sistem corporate identity dengan sembarangan.
Kata Kunci: Corporate Identity, Logo, Katering.
Logo and corporate identity are symbols representing the image of a company. Katering Bu Mul is one of many catering businesses in Sidoarjo that has a typical flavor of East Java cuisine. It is managed by Mrs. Puji Astuti and has been running since 2000. The name of “Katering Bu Mul” taken from Mrs. Puji Astuti’s nickname from people around the business area, “Bu Mul”, as she is Mr. Mul’s wife. Katering Bu Mul has a visual identity in the form of logos and some promotional media and stationery sets but not effective yet to attract people to use its services. As identity is one significant part of a business, Katering Bu Mul’s identity is yet to show the charm it possesses. The objective of this scheme is to design the corporate identity of Katering Bu Mul accordance with the character and the advantages possessed by Katering Bu Mul.
The data needed in this design are primary and secondary data. The methods of collecting data on this design are done by interview, observation, and documentation. Once the data is collected, it is analyzed by SWOT analysis, USP and Positioning methods. After that, define the design concept and design ideas. Designed Logo and corporate identity through the stage of thumbnail, tight tissue, to the final design. Once the logo is done, then it is applied to the Stationery Set, Promotion tools, social media, and signage. The writer then creates guidelines for visual identity systems to facilitate the usage information and application of logos on various media correctly.
Through this design, Katering Bu Mul will have a corporate identity that is suitable with a good image and trademark. So, Katering Bu Mul has a good and consistent image. Considering that a consistent corporate identity is very important, it is expected that Katering Bu Mul does not change the corporate identity system in vain.
Keywords: Corporate Identity, Logo, Catering.