Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 3 Jombang, bahwa terdapat permasalahan antara lain keterbatasan sumber belajar bagi siswa, siswa yang kurang optimal dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran experiment sheet kendali elektromagnetik diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas di SMK Negeri 3 Jombang. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevaliditas media pembelajaran experiment sheet pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 84,80, aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 85,32, aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan th = 8,896 > ttabel = 3,340 dengan signifikansi 0,000, dengan rerata nilai posttest 72,2. Sehingga media experiment sheet yang dikembangkan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa experiment sheet kendali elektromagnetik layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran dan dapat memperoleh hasil belajar siswa yang lebih baik pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Sehingga media experiment sheet kendali elektromagnetik layak digunakan dalam pembelajaran.
This research was motivated by the results of observation at SMK Negeri 3 Jombang, there is a problem among others limited source of learning for students, students who are less than optimal in learning activities. By using the learning media experiment sheet electromagnetic control is expected to give a solution to teachers to improve student learning outcomes. The research aimed in producing appropriate teaching media. The appropriateness refers to validity, practicality and effectiveness.
This research is a type of development research which consists of ten seven steps: ( 1 ) potential and problems; ( 2 ) data collection; ( 3 ) design a product; ( 4 ) validation products; ( 5 ) revision; products ( 6 ) trial; products ( 7 ) analysis and reporting. The subject of this study was class XI TITL 1 students as a class at SMK Negeri 3 Jombang. In this study the design of the trials that used is pretest-posttest design.
The result shows the appropriateness level of experiment sheet teaching media is appropriate with the rating result 84.80, practicality which is reviewed from students response is very practical with the rating result 85.32, the effectiveness is reviewed from students' learning outcomes. From the test, students' learning outcomes is th = 8,896 > ttabel = 3,340 with significance 0.000, whose average score value posttest 72,2. The media experiment sheet developed effective.
Based on the research done it can be concluded that experiment sheet electromagnetic control worthy of used as one of the media alternatives in the process of learning and learning outcomes of students who can obtain better on the subjects of installation an electric motor. The media control experiment sheet electromagnetic being used in learning.