Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan multiple intelligences dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri POGIL pada submateri ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan kovalen koordinasi di kelas X MIPA 3 MAN Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan antara lain lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri POGIL, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tugas portofolio makalah kecerdasan linguistik, dan lembar pretest posttest kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri POGIL untuk melatihkan multiple intelligences siswa mendapat persentase rata-rata skor pada pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut sebesar 84,8 (baik sekali), 85,1 (baik sekali) dan 87,5 (baik sekali). (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran mendapat persentase waktu aktivitas siswa yang relevan lebih besar dari persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan perolehan pada pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut sebesar 99,0 (baik sekali), 94,3 (baik sekali), 96,4 (baik sekali). (3) Hasil belajar multiple intelligences kecerdasan linguistik mendapatkan rata-rata nilai yaitu sebesar 87 (baik sekali), Hasil belajar kecerdasan logis-matematis mendapat rata-rata nilai yaitu sebesar 80 dengan rata-rata gain skor sebesar 0,69 (sedang), dan hasil belajar kecerdasan visual-spasial mendapat rata-rata nilai yaitu sebesar 87 dengan rata-rata gain skor sebesar 0,77 (tinggi).
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri POGIL, Multiple Intelligences, Ikatan Kimia.
This study aims to train the multiple intelligences by using the POGIL inquiry learning model on the sub-material ion bonds, covalent bonds, and coordination covalent bonds in class X MIPA 3 MAN Surabaya. The type of research used is descriptive quantitative by using the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The instruments used were observation sheets for implementation of POGIL inquiry learning model, student activity observation sheet, assignment sheet portfolio of linguistic intelligence papers, and sheets of pretest posttest logical-mathematical intelligence and visual-spatial intelligence. The results of the research obtained include: (1) Implementation of the POGIL inquiry learning model to train the multiple intelligences of students to get an average percentage of scores at meetings 1, 2, and 3 in a row of 84.8 (very good), 85.1 (very good) and 87.5 (very good). (2) Student activities during the learning process get the relevant percentage of student activity time greater than the percentage of student activities that are irrelevant to the acquisition of meetings 1, 2, and 3 in a row of 99.0 (very good), 94.3 (very good ), 96.4 (very good). (3) Learning outcomes of multiple intelligences linguistic intelligence get an average value that is equal to 87 (very good), the results of logical-mathematical intelligence learning average value is equal to 80 with an average gain score of 0.69 (moderate), and learning outcomes Visual-spatial intelligence gets an average value that is equal to 87 with an average gain score of 0.77 (high).
Keywords: POGIL Inquiry Learning Model, Multiple Intelligences, Chemical Bonds