Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial Kelas VII SMP
Development of Problem Based Learning to Increase Problem Solving Ability on Social Arithmetic for Class VII SMP
ABSTRAK
Trianingsih, Ervina. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Siti Khabibah, M.Pd., dan (II) Dr. Masiyah, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmetika Sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang berkualitas baik pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP, serta mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmetika sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 20 siswa kelas VII-A dan subjek penelitian untuk kelas implementasi adalah 20 siswa kelas VII-B. Dalam penelitian ini meggunakan analisis deskritif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid karena semua validator memberikan nilai minimal 3 untuk setiap aspek penilaian dengan skala 1 - 4 dan soal tes kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena aktivitas guru mengelola pembelajaran memenuhi kriteri baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena respons siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran memenuhi kategori positif, ketuntasan belajar secara klasikal tercapai serta pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai.
Berdasarkan analisis deskriptif pada kelas implementasi diperoleh bahwa pembelajaran berbasis masalah pada materi aritmetika sosial efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat pada aspek kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai.
ABSTRACT
Trianingsih, Ervina. 2021. Development of Problem Based Learning to Increase Problem Solving Ability on Social Arithmetic for Class VII SMP. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Siti Khabibah, M.Pd., dan (II) Dr. Masiyah, M.Pd.
Keywords: Problem Based Learning, Problem Solving Ability, Social Arithmeti.
This study aims to describe the process of developing learning tools and produce good quality problem based learning tools on social arithmetic for class VII SMP, and to describe the effectiveness of problem based learning that can increase students' problem solving skills on social arithmetic material.
This research is categorized as development research. Learning tools developed in this research are Lesson Plans (RPP), Student Worksheets (LKS), and Problem Solving Ability Test (TKPM). The learning tools are developed using a 4-D development model which consists of four stages, namely the define stage, the design stage, the develop stage, and the disseminate stage. The research subjects for the trial class were 20 students of class VII-A and the research subjects for the implementation class were 20 students of class VII-B. In this study using descriptive analysis.
Based on the results of descriptive analysis obtained that the learning tools developed good quality because it meets the valid criteria, practical and effective. Learning tools are said to be valid because all validators provide a minimum score of 3 for each aspect of the assessment on a scale of 1 – 4 and problem solving ability test it meets validity, reliability, and sensitive criteria. Learning tools are said to be practical because the ability teacher to manage learning shows both minimal categories and student activities categorized effectively. Learning tools are said to be effective because students 'responses to positive learning tools and learning activities categorized positive, classical completeness are achieved, and problem based learning to increase students' problem solving skills is achieved.
Based on the descriptive analysis in the implementation class, it was found problem based learning on social arithmetic material was effective for increase students' problem solving skills. This can be seen in the aspects of the quality of learning, the appropriateness of the level of learning, incentives, and the time used are in accordance with the planning that has been prepared in the lesson plan (RPP), as well as problem based learning to increase students' problem solving skills to be achieved.