Disiplin adalah suatu keadaan yang tertib, teratur, dan semestinya sehingga dapat menjadikan individu kepada tindakan yang berguna. Perilaku tidak disiplin siswa kelas XI SMA Negeri 11 Suarabaya ditunjukkan dengan terlambat ke sekolah, membolos jam pelajaran, seragam tidak rapi dll. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kontrol diri terhadap kedisiplinan pada diri siswa. Individu yang memiliki kontrol diri rendah senang melakukan resiko dan melanggar aturan tanpa memikirkan efek jangka panjang. Dengan adanya layanan konseling kelompok strategi self-management diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kontrol diri terhadap kedisiplinan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok strategi self-management untuk meningkatkan kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, nonequivalent control group design dengan alat ukur angket kontrol diri terhadap kedisiplinan. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas XI SMA Negeri 11 yang memiliki kontrol diri rendah terhadap kedisiplinan. Teknik analisis data menggunakan tes-mann withney dengan bantuan program SPSS for windows versi 23 dengan taraf kesalahan sebesar 5% atau α sebesar 0,05. Asymp.sig 0,011 nilai α sebesar 0,05, maka asymp kurang dari α. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan tingkat kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan jika layanan konseling kelompok strategi self-management dapat meningkatkan kontrol diri (self control) terhadap kedisiplinan siswa.
Kata kunci: konseling kelompok, strategi self-management, kontrol diri, disiplin.
Discipline is an orderly, orderly, and proper condition so that it can make individuals to useful actions. The undisciplined behavior of class XI students of SMA Negeri 11 Suarabaya is shown by being late to school, skipping class hours, unkempt uniforms etc. That is due to the lack of self control of discipline in students. Individuals who have low self-control love to risk and break the rules without thinking about long-term effects. With the self-management strategy group counseling service is expected to help students to improve self-control over discipline. Then the purpose of this study was to determine the effectiveness of self-management strategy group counseling services to improve self-control of the discipline of class XI students of SMA Negeri 11 Surabaya. This research method is a quasi-experimental, nonequivalent control group design with a self-control questionnaire against discipline. The research subjects were 10 students of class XI 11 of SMA Negeri 11 who had low self control of discipline. Data analysis techniques using the test withney with the help of SPSS for windows version 23 with an error rate of 5% or α of 0.05. Asymp.sig 0.011 α value of 0.05, then asymp less than α. So Ho is rejected and Ha is accepted. Then there are differences in the level of self control of student discipline. Thus the results of the study show that self-management strategy group counseling services can improve self control of student discipline.
Keywords: group counseling, self-management strategy, self control, discipline.