Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkanmedia pembelajaran teknik pengelasan berbantuan video animasi yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.
Prosedur pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan sebagai berikut : (1) Analisis, (2) Desain atau rancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Pengumpulan data kelayakan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pengumpulan data efektifitas untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan pretest dan posttest.
Hasil penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran teknik las SMAW posisi 1G-4G berbantuan video animasi. Media pembelajaran berdasarkan skala likert termasuk dalam kategori sangat layak sehingga media layak digunakan.Sedangkan berdasarkan kriteria keefektifan media termasuk dalam kategoti efektif, dan interpretasi N-Gain Score dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang termasuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Teknik Pengelasan, Valid, Hasil Belajar
This study is development research that aimed to produce learning media on Technique Welding Assisted by animated videos that meet valid and effective criteria to increased student learningoutcomesof 10th grade Mechanical Engineering in Vocational High School 1 Kalitengah Lamongan.
This development procedure uses the ADDIE development model with the following stages: (1) Analysis, (2) Design (3) Development, (4) Implementation and (5) Evaluation. Data collection on the feasibility of learning media using questionnaires while effectiveness data collection to increasestudent learningoutcomes using pretest and posttest.
The results of this study have successfully developed a learning media for welding techniques SMAW 1G-4G position assisted by animated videos. Learning media based on the Likert scale are included in the very feasible category so that the media is suitable for use. While based on the effectiveness criteria of the media included in the effective category, and the interpretation of N-Gain Score can be stated that there is an increase in student learning outcomes which are included in the medium category.