Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar ranah pengetahuan, dan respon siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada submateri faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel penelitian yaitu 36 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 8 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri mendapatkan hasil pesrsentase sebesar 94,06% pada pertemuan 1, 96,44% pada pertemuan 2, dan 98,81% pada pertemuan 3 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik yang relevan selama proses pembelajaran memperoleh persentase lebih besar dibandingkan aktivitas peserta didik yang tidak relevan. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis dilihat dari hasil N-Gain sebanyak 94,4% siswa mendapatkan N-Gain dengan kriteria tinggi dan sebanyak 5,6% mendapatkan N-Gain dengan kriteria sedang (4) Hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik kelas XI MIA 7 memperoleh nilai ≥ 73 dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 100% (5) Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik dengan persentase sebesar 99,4%.
Kata Kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, kesetimbangan kimia.
The aim of this research is to determine the implementation of guided inquiry learning model, students activity, critical thinking skills, learning outcomes of knowledge, and students responses through implementation of guided inquiry learning model in submaterial factors that affect the chemical equilibrium. This research method uses One Group Pretest-Posttest Design with research sample of 36 students of class XI MIA 7 SMA Negeri 8 Surabaya. This research data analayzed by descriptive quantitavie method. Research shows the following results: (1) The implementation of guided inquiry learning model obtained the quality of alignment of the average order is 94,06% in the first meet, 96,44% in the second meet, and 98,81% which means both of it include in very good category. (2) The student’s activities during the learning process get a percentage of the relevant student activity greater than the activity of the irrelevant learners. (3) The critical thinking skills of student increases from pretest to posttest as shown by Gain score. 94,4% got high criteria and 5,6% got medium criteria (4) Learning outcomes of students ' knowledge of the class XI MIA 7 obtained the value ≥ 73 is completed with an average value of 85 and a classical dictancy of 100% (5) Students responses for implementation of guided inquiry is 99,4% which means include in very good category.
Keyword : guided inquiry, critical thinking skill, chemical equlibrium