MISCONCEPTION ANALYSIS OF STUDENTS WITH IMPULSIVE-REFLECTIVE COGNITIVE STYLE INSOLVING PATTERNS OF NUMBERS PROBLEMS
Dalam proses pembelajaran jarak jauh sejak Maret 2020, banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dalam menyelesaian soal yang diberikan oleh guru, tidak terkecuali dalam kegiatan pembelajaran matematika. Pada kegiatan pembelajaran jarak jauh siswa dituntut untuk dapat memahami materi dengan cepat dengan segala keterbatasan yang dimiliki siswa sehingga muncul miskonsepsi pada siswa. Miskonsepsi ini dapat terjadi salah satunya dipengaruhi oleh perbedaan gaya kognitif siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal terkait materi pola bilangan. Analisis dilakukan pada 1 subjek bergaya kognitif impulsif dan 1 subjek bergaya kognitif reflektif dengan kemampuan hasil belajar yang sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen-instrumen pendukung meliputi Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan tes tulis terdiri dari 9 soal pilihan ganda yang mencakup sub materi deret bilangan aritmatika, deret bilangan geometri, deret bilangan huruf, dan soal kontekstual terkait pola bilangandengan 4 pilihan jawaban. Untuk menganalisis miskonsepsi siswa, digunakan metode Three Tier test, yaitu tier pertama terdiri dari soal materi pola bilangan berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban, tier kedua kolom alasan siswa dalam memberikan jawaban, serta tier ketiga merupakan kolom tingkat keyakinan siswa dengan metode CRI, dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa dengan gaya kognitif impulsif mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, serta teoritikal. Sedangkan pada siswa dengan gaya kognitif reflektif adalah miskonsepsi korelasi dan miskonsepsi teoritikal. Untuk mengantisipasi terjadinya miskonsepsi sebaiknya guru memberikan variasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat fokus dalam proses pembelajaran dan guru sering melakukan pemeriksaan pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci : Pola bilangan, Miskonsepsi, Gaya Kognitif, Three Tier, CRI.
In the online learning process since March 2020, many students have experienced misconceptions in solving the questions given by the teacher, including mathematics learning activities. In online learning activities students are required to be able to understand the material quickly with all the limitations that students have so that misconceptions arise in students. This misconception can occur, one of which is influenced by differences in students' cognitive styles. This study aims to analyze students' misconceptions in solving problems related to number pattern material. The analysis was carried out on 1 subject with impulsive cognitive style and 1 subject with reflective cognitive style with the same learning outcomes. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. Supporting instruments include the Matching Familiar Figure Test (MFFT) and a written test consisting of 9 multiple choice questions which include sub-materials of arithmetic number series, geometric number series, letter number series, and contextual questions related to Patterns of Numbers with 4 answer choices. To analyze students' misconceptions, the Three Tier test method is used, namely the first tier consists of number pattern material questions in the form of multiple choice with 4 answer choices, the second tier is the column for students' reasons for giving answers, and the third tier is a column of students' confidence levels using the CRI method, and continue with the interview. The results showed that students with impulsive cognitive style experienced classificational, correlational, and theoretical misconceptions. Meanwhile, students with reflective cognitive style are correlation misconceptions and theoretical misconceptions. To anticipate the occurrence of misconceptions, teachers should provide variations in the learning process, so that students can focus on the learning process and teachers often check students' understanding of concepts.
Keywords: Number pattern, Misconception, Cognitive Style, Three Tier, CRI.