RANCANG BANGUN TRAINER SISTEM PENGAPIAN ENGINE STAND DAIHATSU
MENGGUNAKAN SISTEM ECU
DESIGN AND BUILDING OF DAIHATSU ENGINE STAND IGNITION TRAINER
USING THE ECU SYSTEM
Mata kuliah Kelistrikan Otomotif pada Prodi D3 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya pada proses pembelajarannya menggunakan Trainer Sistem Pengapian Engine Stand yang berfungsi untuk membantu dan mempermudah mahasiswa mempelajari suatu Sistem Pengapian pada mesin. Pembelajaran praktik sistem pengapian dengan media Trainer Engine Stand. Berdasarkan pengalaman pembelajaran dan survei lapangan di Laboraturium Kelistrikan Otomotif pada Prodi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, dapat disimpulkan proses pembelajaran masih menggunakan media Trainer Engine Stand dengan teknologi mesin lama, yang masih menggunakan sistem pengapian dan sistem bahan bakar yang konvensional. Sehingga dirasa kurang untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi yang sudah banyak diterapkan di setiap produsen mobil. Misal seperti sistem pengapian dan supplay bahan bakar yang sudah menggunakan sistem ECU (Electronic Control Unit). Tujuan dalam tugas akhir ini untuk membuat Trainer Engine Stand baru dengan mesin yang menggunakan teknologi ECU (Electronic Control Unit) seperti yang sudah banyak digunakan oleh produsen mobil saat ini.
Perancangan ini dilaksanakan di laboratorium motor bensin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, waktu pengerjaan 4 bulan, dengan menggunakan metode eksperimen dan proses pengerjaan meliputi: 1) menentukan mesin yang dipakai, 2) mendesain rangka, 3) penentuan bahan rangka yang dipilih, 4) melakukan pengerjaan rangka, 5) uji coba trial & error, 6) penggunaan alat. Dimana pada uji coba tersebut terdapat beberapa hasil yaitu : 1) Pada putaran mesin 1000 RPM = 5° sebelum TMA, 2) Pada putaran mesin 2000 RPM = 10° sebelum TMA, dan 3) Pada putaran mesin 3000 RPM = 19° sebelum TMA. Untuk putaran mesin 1000 RPM dapat dikatakan system pengapian tersebut dalam kondisi kurang baik karena ada perbedaan nilai putaran mesin dengan nilai standard, dimana pada nilai standard pada putaran mesin 750 – 800 RPM sudah mencapai 5° sebelum TMA.
Kata Kunci : Trainer Engine Stand, Sistem Pengapian Daihatsu, ECU
Automotive Electricity courses in D3 Study Program, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya in the learning process using the Engine Stand Ignition System Trainer which functions to help and facilitate students to learn an ignition system on an engine. Learning ignition system practice using Trainer Engine Stand media. Based on learning experiences and field surveys at the Automotive Electrical Laboratory at D3 Mechanical Engineering Study Program, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Surabaya State University, can display the learning process still using the Trainer Engine Stand media with old machine technology, which still uses ignition systems and material systems conventional burn.
So that it is considered insufficient to increase knowledge about technological developments that have been widely applied in every car manufacturer. For example, the ignition system and fuel supply that already use the ECU (Electronic Control Unit) system. The purpose of this final project is to create a new Trainer Engine Stand with an engine that uses ECU (Electronic Control Unit) technology as it is commonly used by car manufacturers today. This design is carried out in the Automotive Electrical Laboratory of the Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya, the processing time is 4 months, using experimental methods and the process includes: 1) determining the machine used, 2) designing the frame, 3) determining the selected frame material, 4) carry out frame work, 5) trial & error trials, 6) use of tools. Where in this trial there are several results, namely: 1) At engine speed of 1000 RPM = 5 ° before TDC, 2) At 2000 RPM = 10 ° before TDC, and 3) At 3000 RPM = 19 ° before TDC. For 1000 RPM engine speed, it can be said that the ignition system is in poor condition because there is a value for the engine speed with a standard value, where the standard value at engine speed of 750 - 800 RPM has reached 5 ° before TMA.
Keywords: Trainer Engine Stand, Ignition system Daihatsu, ECU