PENGARUH PERMAINAN RODA PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS DI SLBN GEDANGAN SIDOARJO
THE EFFECT OF WHEEL PLAYING ON FINE MOTOR ABILITY IN AUTISTIC CHILDREN AT SLBN GEDANGAN, SIDOARJO
Kemampuan motorik halus pada anak autis perlu ditindak lanjuti. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh permainan roda putar terhadap kemampuan motorik halus anak autis. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis yang berusia antara 7-12 tahun di SLBN Gedangan Sidoarjo yang berjumlah 6 anak dengan kemampuan motorik halus yang masih kurang. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi terhadap kemampuan motorik halus anak autis di dalam kelas. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji statistik Wilcoxon Matched Pairs Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh permainan roda putar tehadap kemampuan motorik halus anak autis. Pada saat observasi sebelum diberikan treatment mendapatkan rata-rata nilai 34,11, kemudian setelah diberikan treatment rata-rata nilainya menjadi 69,26. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T (jenjang terkecil)= 0 lebih kecil atau sama dengan dari nilai t dengan nilai signifikan 5% yaitu 0. Maka dapat disimpulkan bahwa H ditolak dan Ha diterima apabila T(Jenjang Terkecil) lebih kecil atau sama dengan dari t . Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan setelah diberikan treatment permainan roda putar terhadap kemampuan motorik halus anak autis di SLBN Gedangan Sidoarjo.
Kata kunci: permainan roda putar, motorik halus, autis
Fine motor skills in autistic children need to be followed up. This study aims to see the significant effect of spinning wheel games on the fine motor skills of autistic children. This type of research uses a type of pre-experimental research. The subjects in this study were autistic children aged between 7-12 years at SLBN Gedangan Sidoarjo, totaling 6 children with poor fine motor skills. In this study, data collection techniques were used by observing the fine motor skills of autistic children in the classroom. In this study using data analysis techniques with statistical tests Wilcoxon Matched Pairs Test.
The results of the study showed that there was an effect of playing wheel games on the fine motor skills of autistic children. At the time of observation before being given treatment, the average value was 34.11, then after being given treatment, the average value was 69.26. In addition, the results of the study also show that T (smallest level) = 0 is smaller or equal to the t table value with a significant value of 5%, namely 0. It can be concluded that Hο is rejected and Ha is accepted if T (smallest level) is smaller or the same with from t table. This shows that there is a significant effect after being given the spin wheel game treatment on the fine motor skills of autistic children at SLBN Gedangan, Sidoarjo.