Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah bagian integral dari sistem pendidikan
yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang aktivitas fisik dan
olahraga. TGT merupakan salah satu model pembelajaran
kooperatif tentang nilai demokratis dengan menerapkan model pembelajaran
berdasarkan kesepakatan anggota pada kelompoknya .
Model pembelajaran TGfU atau Teaching
Games for Understanding adalah salah satu model pembelajaran berbasis
permainan. Model pembelajaran ini bersifat dinamis sehingga dalam penerapannya,
partisipan akan mendapatkan beberapa penguasaan sekaligus, yaitu penguasaan
pengetahuan, keterampilan, strategi dan taktik, aturan permainan, dan
penguasaan pada konteks permainan
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis model pembelajaran
TGT dan TGfu terhadap tingkat motivasi siswa pada materi keterampilan kebugaran
jasman, pada siswa kelas 4 SDN Suko 2 Sidoarjo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
digunakan oleh praktisi sebagai bahan evalusi untuk ilmu pengetahuan di bidang
ilmu yang telah dijalankan dengan manfaat pembelajaran model TGT dan
TGfu
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (Quasi experiment )
dengan rancangan atau desain penelitian
ini menggunakan Randomized Control group pretes t -posttest Design. Analisis yang digunakan adalah Rata-rata (mean), standar
Deviasi, uji normalitas dan Uji T.
Hasil dari penelitian ini setelah di
uji dengan Paired Samples Statistics
dan Uji T adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran model TGT
dan TGFu dengan mean TGT 58,57 pada saat pre test dan 73,47 pada saat post test serta mean TGFu 59,67 pada saat pre test dan 73,23 pada saat post test .
Kata kunci : Motivasi
Belajar , Model Pembelajaran TGT,
Model
Pembelajaran
TGfu