MANAJEMEN KELAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA
SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
CLASS MANAGEMENT IN LEARNING ACTIVITIES FOR STUDENTS
ELEMENTARY SCHOOL IN THE PANDEMIC TIME OF COVID-19
Manajemen kelas merupakan faktor penting dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang diupayakan seorang guru untuk menciptakan suasana dan situasi kelas yang kondusif dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat vital adanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan usaha-usaha dalam manajemen kelas untuk mengoptimalkan sumber daya kelas pada saat pandemi bagi siswa sekolah dasar dalam upaya menjaga bahkan meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan 20 jurnal yaitu 10 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut maka dapat diketahui bahwasanya metode pembelajaran daring merupakan opsi alternatif untuk melaksanakan kegiaan belajar dan mengajar pada saat pendemi seperti ini. Faktor yang mempengaruhi manajemen kelas antara lain : 1.) Guru; 2) Peserta didik; 3) Wali murid 4) Fasilitas. Dari keempat faktor tersebut sangat menentukan terbentuknya manajemen kelas yang efektif. Indikator keberhasilan pengelolaan kelas sendiri antara lain : 1) Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, tertib, disiplin dan bergairah ; 2) adanya hubungan yang baik antara siswa dan guru maupun guru dan siswa secara interpersonal.Pendekatan guru terhadap murid dan wali murid menjadi lebih vital lagi. Penggunaan platform digital yang menyesuaikan dengan kemampuan literasi digital sebagian besar pengguna yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan juga bantuan pemerintah berupa kuota dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran daring pada saat pandemi.
Class management is an important factor in the success of teaching and learning activities.The activities that a teacher strives to create a conducive classroom atmosphere and situation in every learning activity are vital.This study aims to describe efforts in classroom management to optimize classroom resources during the pandemic for elementary school students in an effort to maintain and even improve the effectiveness of learning activities.This study used literature study method using 20 journals, namely 10 international journals and 10 national journals. From some of these journals, it can be known that online learning methods are an alternative option to carry out learning and teaching activities at this time of day.Factors that affect class management include: 1.) Teachers; 2) Learners; 3) Parents 4) Facilities.Of the four factors, it is very decisive to form effective class management.Indicators of the success of class management itself include: 1) The creation of a conducive, orderly, disciplined and passionate learning environment; 2) there is a good relationship between students and teachers as well as teachers and students interpersonally.The teacher's approach to students and parents is even more vital.The use of digital platforms that adapt to the digital literacy capabilities of most users involved in learning activities as well as government assistance in the form of quotas can help in online learningactivities during the pandemic.