Analisis Kinerja Kapasitor Bank Berdasarkan Penempatan dan Rating Pada Pabrik II PT. Petrokimia Gresik
Analysis Performance of Capacitors Bank Based on Placement and Ratings in plants II PT. Petrokimia Gresik
Pemasangan kapasitor bank sudah diterapkan banyak industri untuk memperbaiki kualitas daya pada sistem kelistrikannya. Artikel ini membahas tentang kinerja kapasitor bank berdasarkan penempatan dan rating atau Optimal Capasitor Placement (OCP) dengan tujuan untuk memperbaiki nilai faktor daya pada sistem melalui kompensasi daya reaktif kapasitor bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari simulasi yang sudah dilakukan menunjukkan adanya perbaikan nilai faktor daya, berkurangnya losses atau rugi-rugi dan berkurangnya nilai arus pada sistem. Kompensasi daya reaktif pada masing-masing bus, yaitu: 1) bus 11HVS-7 sebesar 1000 kVAr semula nilai faktor dayanya 0,873 menjadi 0,91 dan nilai arus semula 989,5 A menjadi 933,4 A; 2) bus 25HVS-31DE sebesar 700 kVAr semula nilai faktor dayanya 0,843 menjadi 0,891 dan nilai arus semula 846,1 A menjadi 790,5 A; 3) bus HVS-1(2) sebesar 450 kVAr semula nilai faktor dayanya 0,865 menjadi 0,909 dan nilai arus semula 1561,5,4 A menjadi 1463,3 A; 4) bus HVS-21(1) sebesar 1500 kVAr semula nilai faktor dayanya 0,85 dan tetap 0,85 tetapi memberikan suplai daya reaktif pada bus HVS-21(2) yang awalnya 0,85 menjadi 0,915 karena pada bus tersebut saling terhubung dan mendapatkan suplai yang sama dan nilai arus semula 645,8 A menjadi 637,5 A. Nilai losses pada sistem sebelum dilakukan OCP sebesar 793,5 kW dan setelah dilakukan OCP mengalami penurunan menjadi 732,4 kW. Implikasi dari penelitian ini yaitu nilai faktor daya mengalami peningkatan, nilai losses dan nilai arus mengalami penurunan setelah dilakukan kompensasi daya reaktif oleh kapasitor bank
Application of capacitor bank is widely used in industries to correct power factor (pf) in electrical system. This article contains the performance of capacitor bank depending on its placement and rating or Optimal Capacitor Placement (OCP) in order to fix power factor of the system by compensating reactive power of capacitor bank. This research used quantitative method with interview. The simulation results show that there are improvements in the power factor (pf), decrease of losses and current in the system. Compensation of reactive power on each busses namely : 1) bus 11HVS-7 with 1000 kVAr which previously had pf value of 0,873 increases to 0,91 and the current decreases from 989,5 A to 933,7 A; 2) bus 25HVS-31 DE with 700 kVAr, pf increases from 0,843 to 0,891 and the current decreases from 846,1 A to 790,5 A; 3) bus HVS-1(2) with 450 kVAr, pf increases from 0,865 to 0,909 and the current decreases from 1561,5 A to 1463,3 A; 4) bus HVS-21 with 1500 kVAr, the power factor value remains 0,85 but supplies reactive power on bus HVS-21(2) which increases from 0,85 to 0,915 due to bus connection and received same supply. The current decreases from 645,8 A to 637,5 A. The losses before OCP was 793,5 kW and after OCP descended to 732,4 kW. The implication of this research is that the power factor value has increased, the loss value and the value decreased after reactive power compensation has been carried out by the capacitor bank