ABSTRAK
Wulansari, 2018. Kompetensi Managerial Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SDN Tambaksari III/159 Surabaya. Tesis Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudjito, Ak., M.Si,. dan Prof. Dr. H. Murtadlo, M. Pd.
Kata kunci: Penyelenggaraan pendidikan Inklusif. kompetensi managerial. kepala sekolah.
Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat mempengaruhi dalam mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Peran guru sebagai seorang pendidik yaitu sebagai fasilitator yang memberikan layanan inklusif kepada peserta didik berkebutuhan khusus namun hal ini juga memerlukan koordinasi yang baik terkait dengan managerial sekolah. Melihat hal tersebut, perlu adanya informasi terkait dengan kompetensi managerial kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SDN Tambaksari III/159 Surabaya.
Desain penelitian kompetensi managerial kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif di SDN Tambaksari/ 159 Surabaya, kepala sekolah berupaya dalam mengoptimalkan sarana dan prasarana untuk setiap kebutuahan peserta didik bekebutuhan yang menunjang kegiatan belajar. Namun kendala-kendala yang masih dihadapi sekolah diantaranya: 1). Aksesbilitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang memakai kursi roda sehingga aksesbilitas peserta didik berkebutuhan khusus belum dapat terlayani secara maksimal, 2). Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kurang memahami karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus. 3). Kurangnya perhatian dari keluarga terutama orang tua tekait dengan proses pembelajaran secara akademik mapun no akademik bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
ABSTRACT
WULANSARI, 2018. Principal Managerial Competence in the Provision of Inclusive Education at SDN Tambaksari III/159 Surabaya. Thesis of Special Education Study Program. Postgraduate. Universitas Negeri Surabaya. Mentor (1) Dr. Mudjito, Ak., M.Si,. dan Prof. Dr. H. Murtadlo, M. Pd.
Keyword : Provision of inclusive education. managerial competence. headmaster.
The principal has a very influential role in coordinating, mobilizing, and harmonizing all the educational resources available in the school. The role of the teacher as an educator is as a facilitator to provide inclusive services to students with special needs but this also requires good coordination with school managerial. Seeing this, there is need for information related to the principal managerial competence in the implementation of inclusive education at SDN Tambaksari III/159 Surabaya.
The research design of principal managerial competence in the provision of inclusive education used in this research is qualitative research. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, documentation. While the data analysis method used in this study is descriptive.
The research findings show that in conducting inclusive education at SDN Tambaksari / 159 Surabaya, the principal seeks to optimize the facilities and infrastructure for each kebutuahan learners who support the needs of learning activities. The obstacles that still faced by the school are: 1. Accessibility for learners with special needs that use wheelchairs so that the accessibility of students with special needs can not be served maximally, 2. Teachers and education personnel who do not understand the characteristics of learners with special needs. 3. Lack of attention from families, especially parents tekait with academic learning process and no academic for students with special needs.