Pandemi Covid-19 Dan Transformasi Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Studi Literatur
Covid-19 Pandemic and The Transformation Of Entrepreneurial Education: a Literature Study
Covid-19 berdampak signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya pembelajaran tatap muka menuju pembelajaran online. Ini berarti transformasi cepat dari kurikulum dan gaya belajar ke platform digital. Tujuan penulisan ini adalah menganalisis dampak pembelajaran online terhadap kondisi pembelajaran pendidikan kewirausahaan, dan menganalisis inovasi pembelajaran dan strategi pembelajaran pendidikan kewirausahaan, serta menganalisis penerapan metode pembelajaran melalui pendekatan Komunitas Kewirausahaan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka yang membahas tentang bagaimana komunitas praktisi pendidikan kewirausahaan dapat menghadapi pandemi Covid-19. Sementara mayoritas pendidik kewirausahaan sekolah telah mengajar secara online sebelumnya, banyak yang tidak terbiasa dengan alat dan aplikasi teknologi Pendidikan, yang menunjukkan peluang untuk pengembangan profesional yang berkelanjutan. Sebagai akibat dari pergeseran ke metode pembelajaran dan pengajaran online, disrupsi digital terhadap pendidikan semakin cepat. Ini menghadirkan peluang unik untuk memasukkan lebih banyak kreativitas dan inovasi ke dalam pengalaman pendidikan, sehingga memfasilitasi transisi ke teknologi digital. Oleh karena itu, ada peluang besar bagi pendidik kewirausahaan untuk menggunakan keahlian mereka yang ada untuk mendapatkan teknik baru yang dapat memungkinkan lingkungan belajar yang lebih kontekstual. Diharapkan pembahasan yang diberikan dalam artikel ini dapat memberikan saran dan bantuan bagaimana menumbuhkan pengalaman pendidikan kewirausahaan akibat krisis Covid-19. Ini adalah studi pertama yang menyelidiki bagaimana pendidik kewirausahaan sekolah menanggapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada pendidikan kewirausahaan.
Covid-19 has significantly affected the education community, particularly in face-to-face learning towards online learning. This means a rapid transformation from curriculum and learning style to digital platforms. The purpose of this writing is to analyze the impact of online learning on entrepreneurial education learning conditions, and analyze learning innovation and entrepreneurial education learning strategies, and analyze the application of learning methods through the Entrepreneurship Community approach before and after the Covid-19 pandemic. This paper is a literature view that discusses how the entrepreneurial education practitioner community can deal with the Covid-19 pandemic. While the majority of school's entrepreneurial educators have taught online before, many are unfamiliar with the tools and applications of Educational technology, which demonstrate opportunities for sustainable professional development. As a result of the shift to online learning and teaching methods, digital disruption to education has accelerated. It presents a unique opportunity to incorporate more creativity and innovation into the educational experience, thus facilitating the transition to digital technology. Therefore, there is a great opportunity for entrepreneurial educators to use their existing expertise to gain new techniques that can enable a more contextual learning environment. It is hoped that the discussion given in this article can provide advice and assistance on how to foster entrepreneurial education experiences due to the Covid-19 crisis. This is the first study to investigate how school entrepreneurial educators respond to the Covid-19 pandemic that impacts entrepreneurship education.