PENGALAMAN PENGGUNA PAYLATER MAHASISWA DI SURABAYA
STUDENT PAYLATER USER EXPERIENCE IN SURABAYA
Inovasi perkembangan teknologi pembayaran memicu terjadinya fenomena pengguna paylater yang diminati oleh masyarakat, khususnya mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya. Hadirnya paylater di berbagai e-commerce atau online travel agent mengundang mahasiswa untuk menggunakan pembayaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif dan pengalaman pengguna paylater mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah sepuluh mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa riwayat transaksinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif mahasiswa di Surabaya menggunakan paylater terdiri atas because to motive yang meliputi urgensi atau desakan, pemanfaatan fitur paylater yang menguntungkan dan pemanfaatan teknologi sistem pembayaran yang baru serta in order to motive meliputi opsi alternative pengganti kartu kredit, solusi pembayaran yang cepat dan mudah dan strategi e-commerce atau online travel agent untuk menghadirkan paylater. Pengalaman yang menyenangkan terdiri dari terbantu atas permasalahan finansial, kemudahan dalam pembayaran dan pengalaman yang tidak menyenangkan yakni kekhawatiran karena merasa menjadi pribadi yang konsumtif, mempunyai tanggungan di akhir menjadi beban pikiran, dan mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari pihak penagih.
The innovation in the development of payment technology has triggered the phenomenon of paylater users that are of great interest to the public, especially students from various universities in Surabaya. The presence of paylaters in various e-commerce or online travel agent invites students to use these payments. This study aims to determine the motives and experiences of student paylater users in Surabaya. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The research subjects were ten students from various universities in Surabaya using a purposeful sampling technique. The data was collected through in-depth interviews and documentation in the form of a history of the transaction. The results showed that the motives of students in Surabaya using paylater consisted of because to motive which includes urgency or pressure, the use of beneficial paylater features and the use of new payment system technology as well as in order to motive including alternative options to substitute credit cards, fast payment solutions and easy and e-commerce or online travel agent strategy to present a paylater. A pleasant experience consists of being helped by financial problems, ease of payment and unpleasant experiences, namely worries because you feel like a consumptive person, having dependents at the end becomes a burden on the mind, and receiving less pleasant treatment from the collector.