(Analisis Isi pada Web Series “Kisah Tiga Masa”)
VARIATION OF BRAND IDENTITY DIMENTIONS IN AVOSKIN’S CONTENT MARKETING
(CONTENT ANALYSIS ON WEB SERIES “KISAH TIGA MASA)
Penelitian ini dilatar belakangi dari dirilisnya web series “Kisah Tiga Masa” di akun Youtube resmi milik Avoskin yang merupakan salah satu bentuk content marketing yang berupa iklan video online. Avoskin dikenal sebagai merek yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dengan konsep green beauty yang disalurkan melalui tagar #LoveAvoskinLoveEarth pada mayoritas konten pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur berapa dimensi brand identity yang dimunculkan serta mengukur seberapa persentase dimensi brand identity yang dimunculkan di dalam web series Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. yang berfokus pada analisis kemunculan dimensi brand identity yang ada di dalam web series tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini mendapatkan kemunculan total lima dimensi yang berasal dari setiap kategori brand identity. Dari temuan data tersebut hasil tertinggi terdapat pada dimensi brand personality sebesar 42% dan hasil terendah terdapat pada dimensi organizational atribute sebesar 1%.
This study was initiated by the release of web series "Kisah Tiga Masa" in the official Youtube account of Avoskin, which is a type of content marketing in the form of online video advertisements. Avoskin is known as a brand that is concerned with the environment, with a green beauty idea that is funneled in the majority of its marketing content through the hashtag #LoveAvoskinLoveEarth. The purpose of this study is to determine how many brand identity dimensions are raised and the percentage of brand identity dimensions that appear in the web series. This study is a descriptive quantitative study that examines the emergence of brand identity aspects in web series. Documentation techniques were used to collect the data for this research. This results of this analysis reveal a total of five dimensions emanating from each brand identity category. The highest result, 42%, is found in the brand personality dimension, and the lowest result, 1%, is found in the organizational attribute dimension.