ANALISIS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD DALAM MENYELESAIAKAN SOAL OPEN ENDED MATERI PECAHAN
ANALYSIS OF CRITICAL THINKING OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SOLVING OPEN ENDED QUESTIONS ON FRACTION MATERIAL
ABSTRAK
Ainurrohmah, Indah. (2024). Analisis Berpikir Kritis Peserta Didik SD dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Pecahan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd., (II) Dr. Wiryanto, M.Si.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Open Ended
Peserta didik harus mampu berpikir kritis guna memahami serta memecahkan permasalahan yang memerlukan analisis dan penalaran evaluasi. Kesalahan dalam penyelesaian masalah matematika dapat dikurangi jika peserta didik memiliki kemampuan berpikir yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan matematika peserta didik kategori tinggi, sedang, rendah kelas IV SD Unggulan Zainuddin dalam menyelesaikan soal open ended pada materi pecahan senilai. Melakukan klarifikasi dasar; membentuk keterampilan dasar; membuat kesimpulan; membuat klarifikasi; serta menyusun teknik dan strategi merupakan lima indikator berpikir kritis dari Ennis yang digunakan dalam penelitian ini. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Unggulan Zainuddin yang berjumlah 20 siswa. 6 subjek dipilih berdasarkan kemampuan matematika siswa kategori tinggi, sedang dan rendah yang selanjutnya akan dilakukan wawancara dan analisis terhadap pekerjaan siswa pada soal open ended. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan jika (1) berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari kemampuan matematika kategori tinggi dan sedang mampu Melakukan klarifikasi dasar dengan memusatkan pada pertanyaan; membentuk keterampilan dasar; membuat kesimpulan dengan pertimbangan perhitungannya; membuat klarifikasi dengan menjelaskan kesimpulannya lebih lanjut ; serta menyusun teknik dan strategi sesuai tantangan pada soal. Sedangkan pada siswa dengan kemampuan matematika kategori rendah dapat membentuk keterampilan dasar dan menyusun strategi yang sesuai. Namun siswa dengan kemampuan matematika kategori rendah tidak dapat memusatkan pada pertanyaan, kesimpulan yang dibuat juga belum sesuai dan klarifikasi yang dilakukukan tidak di dukung dengan perhitungan yang sesuai.
Students must be able to think critically in order to understand and solve problems that require analysis and evaluation reasoning. Errors in solving mathematical problems can be reduced if students have good thinking skills. This research aims to describe critical thinking in terms of the mathematical abilities of students in the high, medium and low categories of class IV at Zainuddin Unggulan Elementary School in solving open ended questions on equivalent fractions. Carry out basic clarifications; form basic skills; make conclusions; make clarifications; and developing techniques and strategies are five indicators of critical thinking from Ennis used in this research. This research design uses qualitative descriptive research. The research subjects were 20 students in class IV of Zainuddin Unggulan Elementary School. 6 subjects were selected based on students' mathematical abilities in the high, medium and low categories, after which interviews and analysis of students' work on open ended questions would be carried out. The instruments used in this research were test sheets and interview guidelines. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research explain that (1) students' critical thinking in solving open ended questions in terms of high and medium category mathematical abilities is able to carry out basic clarifications by focusing on the questions; form basic skills; make conclusions based on calculations; make clarifications by explaining the conclusions further; and develop techniques and strategies according to the challenges in the questions. Meanwhile, students with low category mathematical abilities can form basic skills and develop appropriate strategies. However, students with low category mathematical abilities cannot focus on the questions, the conclusions made are not appropriate and the clarifications made are not supported by appropriate calculations.