PENGGUNAAN SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT
THE USE OF SCAFFOLDING TO REDUCE STUDENT ERRORS IN SOLVING QUADRATIC EQUATIONS
Dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas, peserta didik sering melakukan kesalahan. Termasuk pada materi persamaan kuadrat. Kesalahan dalam pembelajaran diklasifikasikan menjadi lima (5) jenis, yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan notasi. Untuk mengurangi kesalahan tersebut, diperlukan bantuan pemberian scaffolding dari guru atau orang yang lebih ahli. Pemberian scaffolding dibagi menjadi tiga (3) level, yaitu level 1 environmental provisions, level 2 explaining, reviewing, and restructuring, dan level 3 developing conceptual thinking. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari pemberian scaffolding berdasarkan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-B UPTD SMPN 1 Mojo, Kediri dengan jumlah 25 peserta didik yang menjadi calon subjek. Subjek penelitian yang diwawancara dan diberikan scaffolding merupakan tiga peserta didik yang mengalami jumlah kesalahan terbanyak dan jenis kesalahan yang beragam. Hasil tes dan wawancara diuraikan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini didapat simpulan bahwa: 1) kesalahan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat antara lain a) kesalahan keterampilan proses yaitu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan namun tidak tepat dan salah memahami apa yang diketahui dan ditanyakan, b) kesalahan memahami yaitu salah menggunakan aturan matematika, c) kesalahan transformasi yaitu tidak dapat menghubungkan antar informasi penting yang ditemukan dan mengubah informasi pada soal namun tidak tepat, dan d) kesalahan membaca yaitu tidak dapat membaca kata-kata, satuan, atau simbol dengan benar. 2) scaffolding yang diberikan untuk mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat yaitu a) level 2: explaining, reviewing, dan restructuring dan b) level 3: developing conceptual thinking. 3) pemberian scaffolding mampu mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat. Kesalahan pertama ketiga subjek melakukan 12 kesalahan. Setelah diberikan scaffolding, ketiga subjek melakukan 5 kesalahan.
Kata kunci: Scaffolding, Kesalahan Peserta Didik, Persamaan Kuadrat
In mathematics learning activities, students often make mistakes, including in the topic of quadratic equations. There are five (5) types of errors: reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, and encoding error. To reduce these errors, students need scaffolding from a teacher or an expert. Scaffolding is divided into three (3) levels: level 1 environmental provisions, level 2 explaining, reviewing, and restructuring, and level 3 developing conceptual thinking. This research aims to describe the effect of scaffolding provision based on the type of student’s error in solving problems on quadratic equation material. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The data collection technique uses tests and interview methods. This research was conducted in class IX-B UPTD SMPN 1 Mojo with a total of 25 students who are the prospective subjects. The research subjects who were interviewed and given scaffolding were three students who experienced the most errors and various types of error. The test and interview results were described and analyzed using descriptive analysis. The conclusion of the research is that: 1) Errors in solving quadratic equations include a) process skill errors, which are writing what is known and asked but not accurate and misunderstanding what is known and asked, b) comprehension errors, which are incorrect use of mathematical rules, c) transformation errors, which are the inability to connect important information found and change information in the problem but not accurate, and d) reading errors, which are the inability to read words, units, or symbols correctly. 2) Scaffolding given to reduce errors in solving quadratic equations are a) level 2: explaining, reviewing, and restructuring, and b) level 3: developing conceptual thinking. 3) Scaffolding can reduce errors in solving quadratic equations. For the first error, the three subjects made 12 errors. After receiving the scaffold, three subjects made five (5) errors.
Keywords: Scaffolding, Student Errors, Quadratic Equations