PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN PADA MEDIA SOSIAL
DESIGN OF SOCIAL CAMPAIGN ON SEXUAL HARASSMENT OF WOMEN ON SOCIAL MEDIA
Masalah tentang pelecehan seksual sampai sekarang masih dianggap oleh sebagian orang menjadi masalah personal biasa, padahal grafik banyaknya pelecehan di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2020 di masa pandemi jenis pelecehan seksual secara online di media sosial melonjak tinggi. Perancangan kampanye ini berupa poster dengan target audiens pada perancangan ini adalah calon korban, korban, dan pelaku pelecehan yang rata-rata remaja berusia 17-24 tahun. Didasari hal tersebut maka dibuat sebuah perancangan kampanye guna mengurangi tindakan pelecehan di media sosial yang bekerjasama dengan pihak Kekerasan Gender Berbasis Online (KBGO). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, pengumpulan data, menganalisis data menggunakan 5W1H. Dari analisis data yang didapat, disusun konsep perancangan, dan visualisasi karya hingga final desain. Final desain divalidasi oleh KGBO. Hasil perancangan kampanye sosial ini berupa infografis data pelecehan seksual online dan yang berupa poster berisi informasi mengenai cara mencegah dan melaporkan, perancangan ini diterapkan melalui media sosial Instagram. Perancangan ini diharapkan mengurangi kasus pelecehan seksual dan meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat.
The issue of sexual harassment is still considered by some to be an ordinary personal problem, even though the graph of the number of harassment in Indonesia continues to increase. In 2020, during the pandemic, the types of online sexual harassment on social media soared. The design of this campaign is in the form of a poster with the target audience in this design are potential victims, victims, and perpetrators of harassment, the average is teenagers aged 17-24 years. Based on this, a campaign design was made to reduce acts of harassment on social media in collaboration with Online Gender Based Violence (KBGO). The methods used in this study are qualitative methods, data collection, and data analysis using 5W1H. From the analysis of the data obtained, the draft design concept, and visualization of the work until the final design. Final design validated by KGBO. The results of this social campaign design are in the form of infographics on online sexual harassment data and posters containing information on how to prevent and report, this design is implemented through Instagram social media. This design is expected to reduce cases of sexual harassment and increase the level of public awareness.