PERSEPSI ORANG TUA ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PANDEMI COVID-19
THE PERCEPTION OF PARENTS OF CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER IN DISTANCE LEARNING BARRIERS IN THE COVID-19 PANDEMIC
Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan pada aktivitas belajar anak dengan spektrum autis yang awalnya pembelajaran disekolah menjadi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua anak dengan spektrum autis dalam hambatan pembelajaran jarak jauh pada pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang dilakukan secara online kepada 40 orangtua anak dengan spektrum autis. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan Analisis data menggunakan perhitungan prasentase. Hasil yang diperoleh yaitu persepsi orang tua mengalami hambatan pribadi, hambatan persiapan dan pelaksanaan, hambatan finansial serta hambatan teknis. Berdasar analisis dapat disimpulkan hambatan pembelajaran jarak jauh masa pandemi covid-19 menimbulkan persepsi negative bagi orang tua anak dengan spektrum autis.
Kata Kunci: Autis, Orang Tua, Pembelajaran Jarak Jauh
The covid-19 pandemic has caused changes in the learning activities of children with autism spectrum disorder from learning at school to distance learning. This study aims to determine the perception of parents of children with autism spectrum disorder in distance learning barriers in the covid-19 pandemic. The type of research used is descriptive quantitative with a survey method conducted online to 40 parents of children with autism spectrum disorder. Data were collected using a questionnaire with a percentage calculations. The results obtained are that parents experience personal obstacles, preparation and implementation barriers, financial and technical barriers. Based on the analysis,it can be concluded that distance learning barriers during the covid-19 pandemic caused negative perceptions for parents of children with autism spectrum disorder.
Keywords: Autism Spectrum Disorder, Parents, Distance Learning