PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA ANAK DI PAUD SKB SIDOARJO
PARENTS ROLE IN INCREASING CHILDRENS INDEPENDENT LEARNING IN PAUD SKB SIDOARJO
Nama : Lina Aulia Rahmawati
NIM : 19010034060
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd.
Kemandirian belajar merupakan potensi penting yang perlu dimiliki oleh anak usia dini. Adanya kemandirian belajar, anak akan mampu melakukan berbagai aktivitas dalam menemukan jati diri dan pedoman hidupnya untuk masa yang akan datang. Melalui proses belajar dan peran orang tua, kemandirian anak dapat timbul dengan baik jika diberikan stimulus yang baik oleh lingkungan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk kemandirian belajar di PAUD SKB Sidoarjo; 2) untuk mengetahui kemandirian belajar anak di PAUD SKB Sidoarjo; 3) untuk mengetahui faktor pendukung bagi orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar pada anak di PAUD SKB Sidoarjo; 4) untuk mengetahui kendala bagi orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar pada anak di PAUD SKB Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sifat dari penelitian deskriptif kualitatif adalah menggambarkan fenomena di lapangan secara mendalam. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran orang tua dalam membentuk kemandirian belajar anak di PAUD SKB Sidoarjo sudah cukup baik. Terdapat tiga peran yang dilakukan oleh orang tua, yaitu peran sebagai fasilitator, peran sebagai motivator dan peran sebagai pembimbing. 2) Kemandirian belajar pada anak di PAUD SKB Sidoarjo sudah terpenuhi dengan baik, namun masih belum optimal. 3) Faktor pendukung bagi orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar pada anak di PAUD SKB Sidoarjo adalah orang tua memberikan pujian, hadiah serta memberikan perhatian. 4) Kendala bagi orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar pada anak di PAUD SKB Sidoarjo adalah kesibukan orang tua serta anak sulit untuk diajak belajar dengan berbagai macam alasan.
Kata kunci: Peran orang tua, Kemandirian belajar anak
Name : Lina Aulia Rahmawati
Student Number : 19010034060
Study Program : S-1
Department : Nonformal Education
Faculty : Education
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd.
Independent learning is an important potential that needs to be possessed by early childhood. With the existence of learning independence, children will be able to carry out various activities in finding their identity and life guidelines for the future. Through independent learning and the role of parents, children's independence can arise well if they are given a good stimulus in their learning environment. The objectives of this study are: 1) to find out the role of parents in shaping independent learning in PAUD SKB Sidoarjo; 2) to find out the independence of children's learning in PAUD SKB Sidoarjo; 3) to find out the supporting factors for parents in increasing children's independent learning in PAUD SKB Sidoarjo; 4) to find out the parent's obstacles in increasing children's independent learning in PAUD SKB Sidoarjo.
This research used a qualitative descriptive method. The nature of descriptive qualitative research is to describe the phenomena in an in-depth description of the field. Data collection techniques used are observation, interview, and documentation techniques. While the data analysis is done through data collection, data reduction, data display, and conclusion.
The results showed that: 1) The parents role in shaping children's independent learning in PAUD SKB Sidoarjo is good enough. There are three roles performed by parents, namely the role as a facilitator, the role as a motivator, and the role as a guide. 2) Children's Independent learning in PAUD SKB Sidoarjo has been well fulfilled, but still not optimal yet. 3) The factors that support parents in improving childrens independent learning at PAUD SKB Sidoarjo are giving praise, gifts, and attention. 4) Parent's Obstacles in improving childrens independent learning at PAUD SKB Sidoarjo is the difficulty of the children to learn for various reasons.
Keywords: parents role, childrens independent learning