PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP INDEKS PERILAKU WIRAUSAHA DI ERA SOCIETY 5.0
THE EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION AND ENTREPRENEURSHIP MOTIVATION ON THE ENTREPRENEURSHIP BEHAVIOR INDEX IN THE SOCIETY 5.0 ERA
Wirausaha merupakan salah satu faktor pendukung dalam perekonomian suatu negara. Seseorang dengan indeks perilaku yang tinggi artinya memiliki niat wirausaha yang lebih baik. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang dapat meningkatkan indeks perilaku wirausaha yang dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Tata Niaga angkatan 2019 Universitas Negeri Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap indeks perilaku wirausaha di era society 5.0. Perkembangan teknologi yang semakin canggih maka seorang wirausaha harus siap menghadapi tantangan usaha di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk asosiatif kausal. Sampel yang digunakan sebanyak 141 mahasiswa dengan pengambilan teknik propotional random sampling. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan pada pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha sebagai variabel independen dan indeks perilaku wirausaha sebagai variabel dependen.
Entrepreneurship is one of the supporting factors in a country's economy. Someone with a high behavioral index means having better entrepreneurial intentions. This study discusses several factors that can increase the index of entrepreneurial behavior carried out on students of the Office Administration Education Study Program, Accounting Education, Economic Education, and Commerce Education Class of 2019, Surabaya State University. The purpose of this study was to analyze the effect of entrepreneurship education and entrepreneurial motivation on the entrepreneurial behavior index in the era of society 5.0. The development of increasingly sophisticated technology means that an entrepreneur must be prepared to face business challenges in the era of society 5.0. This research uses a quantitative approach in the form of causal associative. The sample used was 141 students with propotional random sampling technique. The analysis technique used is multiple linear analysis using the SPSS Version 22 program. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect either partially or simultaneously on entrepreneurship education and entrepreneurial motivation as the independent variable and the entrepreneurial behavior index as the dependent variable.