Hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTs. Bina Insani Surabaya masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai ulangan tengah semester siswa jika dirata-rata hanya 53% siswa yang dapat mencapai nilai KKM pada kelas VIII A dan hanya 50% siswa yang dapat mencapai nilai KKM pada kelas VIII B. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar perlu dipilih pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa. Salah satu model yang sesuai adalah Problem Based Learning.
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII MTS Bina Insani Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angka-angka dan analisis statistik, untuk mengolah dan menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent (pre test – post test) Control Group Design, dimana satu kelas untuk eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di MTs. Bina Insani Surabaya dan subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis observasi dan analisis data tes tulis.
Hasil penelitian diketahui nilai pre-test dan post-test kelompok kontrol tidak mengalami signifikansi yaitu thitung 0,684, sedangkan pada kelompok eksperimen thitung 2,160. Data hasil observasi guru dan hasil observasi siswa jika dikonsultasikan dengan kriteria tergolong baik sekali dalam menerapkan model pembelajaran PBL. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada mata pelajaran IPS materi pokok Upaya Pengendalian Penyimpangan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Bina Insani Surabaya.
Kata kunci : penerapan Problem Based Learning, IPS, hasil belajar
The results of the study of Social Science subjects grade VIII in MTS. Bina Insani Surabaya is still low. This is proved by the results of midterm exams grades students if at an average only 53% in class VIII A and only 50% in class VIII B. Therefore to improve learning results need to be selected in accordance with the characteristics of the study subjects, learning objectives, and the characteristics of the students. One model is the Problem Based Learning.
The purpose of this research is to apply the Problem Based Learning to improve the results of the study of Social Science subjects at grade VIII MTS Bina Insani Surabaya. The data used in this research in the form of figures and statistical analysis, to process and analyze the data of this research using quantitative methods. The research design used was non equivalent (pre test – post test) Control Group Design, where one class for experimental and one control class. This research was conducted at MTs. Bina Insani Surabaya and the subject of this research is grade VIII. Data analysis techniques used are observation and analysis of the test data analysis.
Research result are known the value of pre-test and post-test control group did not esperience the significance that is t-calculation was 0,684, whereas in experimentasl groups t-calculation was 2,160. Data observation teachers and observations students if reviewed by criteria in good once in apllying PBL learning model. Thus, Ho was rejected and Ha was accepted, so that it can be concluded that the implementationof PBL learning model on sosial science lesson with subject matter of Social Deviation Control Efforts could improve learning outcome of students of class VIII MTS. Bina Insani Surabaya.
Keywords : application of Problem Based Learning, social science, learning outcomes.