PENGARUH KOMIK DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
THE EFFECTS OF DIGITAL COMIC ON STUDENT’S READING COMPREHENSION OF VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan komik digital terhadap pemahaman membaca siswa di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini dilakukan di dua kelas penelitian sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Study, yang berakar pada prinsip-prinsip penelitian eksperimental, untuk menguji dampak dari kemampuan membaca siswa terhadap kegiatan belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital efektif dalam meningkatkan salah satu aspek membaca yaitu mengidentifikasi makna kata, hal ini terlihat dari perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan dengan hasil uji-t yang memiliki nilai Sig. Disarankan bahwa penerapan kegiatan komik digital yang lebih sering, bersama dengan pengulangan dalam pengajaran di kelas, dapat memberikan hasil yang positif dan meningkatkan berbagai aspek pemahaman membaca. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya mengenai komik digital dapat dilakukan dengan eksplorasi yang lebih mendalam terhadap genre yang berbeda.
Kata Kunci: digital komik, kemampuan membaca, sekolah kejuruan
This study aims to investigate the effect of using digital comics on students' reading comprehension in vocational school. The study was conducted in two vocational high school research classes. This study uses a Quasi Experimental Study design, rooted in the principles of experimental research, to examine the impact of student's reading ability on their learning activities. The results show that digital comic was effective in increasing one of the reading aspect namely, identify word meaning, it had significance differences by the mean score of before and after the treatment with t-test result has a greater value by Sig. It is suggested that more frequent implementation of digital comic activities, along with repetition in classroom instruction, can yield positive results and improve various aspects of reading comprehension. The researcher suggests that future research on digital comic should be conducted with a deeper exploration of different genres.
Keywords: digital comic, reading comprehension, vocational highschool