CORRELATION LEVEL OF MOTOR ABILITY TO LEARNING OUTCOMES OF CLASS VII STUDENTS AT UPT SMPN 14 GRESIK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat kemampuan motorik siswa kelas VII terhadap hasil belajar PJOK siswa di UPT SMPN 14 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian non-eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di UPT SMPN 14 Gresik yang berjumlah 288 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah cluster random sampling untuk menentukan kelas yang dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan motorik siswa yaitu barrow motor ability test, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan nilai rapor sisipan semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil dari penelitian menunjukan sebagian besar tingkat kemampuan motorik siswa kelas VII di UPT SMPN 14 Gresik masuk dalam kategori kurang, sedangkan sebagian besar hasil belajar PJOK siswa kelas VII di UPT SMPN 14 Gresik masuk dalam kategori sedang, Berdasarkan hasil analisis korelasi antara kemampuan motorik dengan hasil belajar PJOK siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,978 > 0,05. Sedangkan dari hasil analisis korelasi antara kemampuan motorik dengan hasil belajar PJOK diperoleh nilai r-hitung -0,034 dan untuk nilai r-tabel 0,254. Karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat kemampuan motorik dengan hasil belajar PJOK siswa kelas VII di UPT SMPN 14 Gresik.
Kata Kunci: Kemampuan motorik, hasil belajar, PJOK
The purpose of this study was to determine the relationship between the level of motor skills of class VII students on the learning outcomes of physical education, sports and health of students at Junior High School 14 Gresik. This study uses non-experimental research using quantitative methods. This study uses a correlational research design. The population in this study were students of class VII at Junior High School 14 Gresik, totaling 288 students. The sample in this study were students in class VII A and VII B, totaling 60 students. The sampling technique used was cluster random sampling to determine which class to sample. The instrument used to measure the level of students' motor skills is the barrow motor ability test, while the learning outcomes use the grades of the even semester report cards for the 2023/2024 academic year. The analysis technique in this study used descriptive statistics and hypothesis testing using product moment correlation. The results of the study showed that most of the motoric abilities of class VII students at Junior High School 14 Gresik were in the poor category, while most of the learning outcomes for Physical Education, Sports and Health for class VII students at Junior High School 14 Gresik were included in the moderate category. (2-tailed) 0.978 > 0.05. Meanwhile, from the results of the correlation analysis between motor skills and learning outcomes in Physical Education, Sports and Health, the r_count value is -0.034 and the r_table value is 0.254. Therefore, it can be concluded that there is no relationship between the level of motor skills and the learning outcomes of Physical Education, Sports and Health for class VII students at Junior High School 14 Gresik.
Keywords: Motor ability, learning outcomes, Physical Education, Sports and Health