Pengembangan Konten Video Youtube Belajar Menggambar Ilustrasi Wayang Potehi
Development of Video Content Learning to Draw Wayang Potehi Illustrations
Mangunsong, Hasprita Restiamangastuti Boru. Pengembangan Konten Video Youtube Belajar Menggambar Ilustrasi Wayang Potehi. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr.Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. dan (II) Dr. Martadi, M.Sn.
Kata-kata Kunci: wayang potehi, ilustrasi, video belajar, media belajar menggambar ilustrasi, seni tradisional
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya eksplorasi budaya visual Nusantara pada karya-karya ilustrasi Indonesia terutama ikon visual Wayang Potehi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan konten video Youtube belajar menggambar ilustrasi Wayang Potehi, mendeskripsikan kualitas dan kelayakan konten video Youtube belajar menggambar ilustrasi Wayang Potehi
Penelitian ini dilandasi dengan teori media baru, teori belajar kognitif pembelajaran multimedia, teori prinsip multimedia pembelajaran, teori efek pembelajaran multimedia, teori ilustrasi sebagai komunikasi visual, teori proses kreasi, kajian konsep ilustrasi, wacana komunikasi di media siber, pedoman multimedia pembelajaran, fakta video dalam multimedia, fakta mengenai Wayang Potehi, dan wacana karakter visual Wayang Potehi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Data dianalisis dengan menggunakan skala likert yang dikurasikan dalam bentuk nilai rentang 0-100 untuk menganalisis hasil validasi, umpan balik pengguna dan hasil belajar pengguna. Skor data dianalisis secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah seri video di Youtube dengan durasi total kurang lebih 30 menit dan mengikuti alur ADDIE dalam pembuatannya. Produk memiliki kualitas yang baik berdasarkan aspek narasi, visual, dan transformasi visualnya karena dapat mendukung tercapainya tujuan dikembangkannya produk. Dalam hal kelayakan, produk video yang dikembangkan menunjukkan hasil yang baik. Empat validator ahli memberikan nilai 98 (sangat baik) pada aspek kelayakan materi, 95 (sangat baik) pada aspek kegrafikaan, 98 (sangat baik) pada aspek kebahasaan. Produk ini juga diuji coba kepada 15 orang responden yang memberi nilai 94 (sangat baik) pada aspek kegrafikaan, 94 (sangat baik) pada aspek penyajian, dan 95 (sangat baik) pada aspek kegunaan.
Dapat disimpulkan produk konten video Youtube belajar menggambar ilustrasi Wayang Potehi mengikuti metode pengembangan ADDIE dengan baik, berkualitas baik dan sangat layak sebagai sumber belajar di masyarakat, khususnya yang memiliki fokus pada ilustrasi. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki dampak memperkaya pengembangan kreativitas dalam mengeksplorasi budaya visual Nusantara khususnya Wayang Potehi khususnya dalam ide dan bentuk kontemporer
Mangunsong, Hasprita Restiamangastuti Boru. Development of Video Content Learning to Draw Wayang Potehi Illustrations. Thesis, Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisor: (I) Dr.Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. and (II) Dr. Martadi, M.Sn.
Keywords: Wayang Potehi, illustration, learning video, learning media for illustration drawing, traditional art
This research is motivated by the lack of exploration of the Nusantara's visual culture in Indonesian illustration works, especially the visual icon of Wayang Potehi. The purpose of this research is to describe the process of developing Youtube video content to learn to draw Wayang Potehi illustrations, to describe the quality and feasibility of Youtube video content to learn to draw Wayang Potehi illustrations
This research is based on new media theory, cognitive learning theory of multimedia learning, theory of multimedia learning principles, theory of multimedia learning effects, theory of illustration as visual communication, theory of the creative process, study of illustration concepts, communication discourse in cyber media, multimedia guidelines. learning, video facts in multimedia, facts about Wayang Potehi, and discourse on the visual characters of Wayang Potehi. This study uses the ADDIE development model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Data were analyzed using a curated Likert scale in the form of score ranging from 0-100 to analyze validation results, user feedback and user learning outcomes. Data scores were analyzed descriptively.
The result of this research is a video series on Youtube with a total duration of approximately 30 minutes and follows the ADDIE flow in its manufacture. The product has good quality based on the narrative, visual, and visual transformation aspects because it can support the achievement of the product development goals. In terms of feasibility, the developed video product shows good results. Four expert validators gave a score of 98 (very good) on the aspect of material feasibility, 95 (very good) on the graphic aspect, 98 (very good) on the linguistic aspect. This product was also tested on 15 respondents who gave a score of 94 (very good) on the graphic aspect, 94 (very good) on the presentation aspect, and 95 (very good) on the usability aspect.
It can be concluded that the Youtube video content product learning to draw Wayang Potehi illustrations follows the ADDIE development method well, is of good quality and is very feasible as a learning resource in the community, especially those with a focus on illustration. The products developed in this research have the impact of enriching the development of creativity in exploring the visual culture of the archipelago, especially the Potehi Wayang, especially in the form of images