Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui media pembelajaran multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai salah satu alat bantu atau penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pada aspek validasi dinyatakan sangat layak dengan hasil rating 87%. Pada aspek efektifitas ditinjau dari hasil belajar siswa, dengan hasil tes belajar siswa tersebut diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,41, dan nilai thitung = 14,563 > ttabel = 1,699 dengan taraf signifikasi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 88,9%.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Research and Development (R&D) yang terdiri 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya. Pada penelitian ini uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak pada media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya . Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Research and Development.
This study aims to produce a decent learning media in interactive multimedia learning media on the subjects of System Planning and Installation Audio Video in state vocational high school 7 of Surabaya. Eligibility in this case refers to the aspect of validity, effectiveness and practicality.
This type of research is the development of research with reference to the model of Research and Development (R & D) comprising 7 steps: (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) the design of the product; (4) validation of the product; (5) the revision of the product; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects were students of class XI TAV 1 in state vocational high school 7 of Surabaya. In this study, the test used was a one-shot case study.
The results of the research development of instructional media use interactive multimedia show that the feasibility of the validation aspects of otherwise very decent with 87% rating result. In the aspect of effectiveness in terms of student learning, with students learning the test results obtained by the average student learning outcomes at 83.41, and the value of t = 14.563> table = 1.699 with a significance level of 0.05, so it can be concluded that the average final learning outcomes of students is greater than or equal to the KKM. And aspects of practicality in terms of students' responses to otherwise very practical learning media with a rating of 88.9% results.
Based on these results known media interactive multimedia learning is fit for use as one of the tools or support student learning in the learning process on the subjects of System Planning and Installation Audio Video in state vocational high school 7 of Surabaya.