PENGGUNAAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MEMBANTU SISWA KELAS SEMBILAN MEMAHAMI TEKS NARATIF
USING MULTIMODAL TEXTS FOR ASSISTING THE NINTH GRADERS TO COMPREHEND NARRATIVE TEXT
Membaca adalah proses memperoleh pengetahuan baru yang membutuhkan konsentrasi total untuk memahami makna, struktur bahasa, dan maksud penulis. Umumnya, dalam konteks EFL, di Indonesia, siswa menghadapi tantangan ketika mencoba memahami isi teks dengan kegiatan monoton yang dapat mempengaruhi minat dan motivasi mereka. Terdapat salah satu bahan ajar yaitu teks Multimodal yang merupakan kombinasi dari kegiatan pembuatan makna yang menyampaikan informasi, termasuk gambar visual, bahasa tertulis, dan mode semiotik lainnya. Selain itu, penelitian ini mengarah pada tujuan untuk menyelidiki penerapan teks multimodal untuk membantu siswa dalam memahami teks bacaan naratif dan untuk mengetahui pemahaman bacaan siswa sebagai hasil penerapan teks multimodal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dikumpulkan melalui observasi dan tugas membaca siswa. Seorang guru bahasa Inggris dan total 32 siswa dari 18 laki-laki dan 14 perempuan di kelas berpartisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan teks multimodal untuk membantu siswa kelas sembilan memahami teks bacaan naratif dalam empat pertemuan dan menggunakan cerita dan modus yang berbeda. Selain itu, ada tujuh jenis tugas membaca yang dilakukan siswa selama pelaksanaan, seperti dua tugas mencocokkan gambar, dua tugas esai tanya jawab, mengisi bagian yang kosong, mengklasifikasikan struktur generik dan fitur bahasa, dan meringkas terhadap teks bacaan. Dari enam macam hasil tugas membaca tersebut, sebagian besar siswa hampir mendapat nilai sempurna. Selain itu, ringkasan hasil tugas membaca siswa dianalisis menggunakan Profil Komposisi ESL yang memiliki empat kategori, seperti sangat baik hingga sangat baik, baik hingga sedang, cukup hingga buruk, dan sangat buruk. Dapat disimpulkan bahwa semua kelompok menulis dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri, hal ini dapat dilihat dari perbedaan kategori dan aspek yang mereka dapatkan. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyatakan bahwa siswa memahami teks bacaan naratif dengan menggunakan penerapan teks multimodal yang dilakukan oleh guru.
Reading is a process of gaining new knowledge that needs total concentration to comprehend the meaning, structure of language, and writer’s intentions. Commonly, in EFL context, in Indonesia, students face challenges when attempting to comprehend the text's content with monotonous activities which can influence their interest and motivation. There is one of instructional materials that Multimodal texts which are a combination of meaning-making activities that conveys information, including visual images, written language, and other semiotic modes. Moreover, it leads to the aims of this research are to investigate the implementation of multimodal texts to assist students in comprehending narrative reading text and to find out the students’ reading comprehension as the result of the implementation of multimodal texts. This study was qualitative research that collected through observation and students' reading task. One English teacher and the total of 32 students of 18 males and 14 females in the classroom were participated. The result showed that the teacher had been implemented multimodal texts for assisting the ninth graders to comprehend narrative reading text in four meetings and using different stories and various modes. Moreover, there were seven kinds of reading task that the students did during the implementation, such as two tasks on matching pictures, two tasks on question-and-answer essays, filling in the blank, classifying the generic structure and language features, and summary towards the reading text. From those six kinds of reading task results, mostly the students almost got the perfect score. Moreover, the students reading task results of summary were analyzed using ESL Composition Profile that has four categories, such as excellent to very good, good to average, fair to poor, and very poor. It can be concluded that all groups wrote using their own words, and it could be seen from the difference in the categories and aspects they got. Therefore, the result of this study stated that the students comprehended narrative reading text by using the implementation of multimodal texts done by the teacher.