DEVELOPMENT OF LEARNING MODULE OF DESIGN ENGINEERING COURSES WITH SUB DISCUSSION APPLYING THE CALCULATION RESULTS OF PICTURE DESIGN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori-teori yang dibahas dalam buku referensi yang digunakan pada mata kuliah teknik merancang belum ada yang mengaitkan langsung dengan kasus nyata yang terjadi di lapangan. Selain itu, referensi yang digunakan hanya berfokus pada perhitungan saja, belum ada yang membahas secara langsung mengenai metode dalam mengaplikasikan hasil perhitungan rancangan gambar.
Berawal dari permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah teknik merancang yang membahas mengenai metode mengaplikasikan hasil perhitungan rancangan gambar. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Subjek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya yang mengikuti mata kuliah Teknik Merancang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, respon mahasiswa, pretest dan post-test.
Hasil dari penelitian ini adalah berhasil dikembangkannya modul pembelajaran mata kuliah Teknik Merancang dengan sub bahasan Mengaplikasikan Hasil Perhitungan Rancangan Gambar menggunakan model pengembangan 4-D yang sangat layak. Respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan memiliki respon sangat baik. Hasil belajar mahasiswa juga meningkat setelah menggunakan modul ini. Ada beberapa kelemahan dari modul yang dikembangkan.
This research is motivated by the theories discussed in the reference books used in engineering design courses, none of which relate directly to real cases that occur in the field. In addition, the reference used only focuses on calculations, no one has discussed directly the method in applying the calculation results of the drawing design.
Starting from these problems, the researcher wishes to develop a design engineering course learning module that discusses the method of applying the calculation results of the drawing design. The learning media development model used is a 4-D development model (four D model) which consists of 4 stages, namely: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; and (4) Disseminate. The research subjects were undergraduate students of Mechanical Engineering Education, State University of Surabaya who took the Engineering Design course. The research instruments used were expert validation sheets, student responses, pretest and post-test.
The result of this research is the successful development of a Designing Engineering learning module with the sub-discussion of Applying Drawing Design Calculation Results using a very feasible 4-D development model. Student response to the developed module has a very good response. Student learning outcomes also improve after using this module. There are several weaknesses of the developed module.