ANALISIS PRINSIP ARGUMENTASI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DALAM
BUKU PEGANGAN SISWA
ANALYSIS OF ARGUMENTATION PRINCIPLES ON PLANT TISSUE TOPIC IN STUDENT’S
HANDBOOK
Abstrak
Salah satu tagihan pada kurikulum saat ini yakni proses pembelajaran dilakukan secara interaktif.
Proses interaktif kemudian akan melahirkan kemampuan berkomunikasi yang antara lain kemampuan
berargumentasi. Hal tersebut tertuang dalam tagihan Kompetensi Dasar dimana siswa diminta mampu
menyajikan data secara tertulis maupun lisan. Prinsip argumentasi diperlukan untuk mencapai kemampuan
argumentasi. Kemampuan Argumentasi terutama diperlukan pada pembelajaran biologi yang merupakan
ilmu alam untuk memperkuat pemahaman terkait fenomena yang ada di dalamnya. Di antaranya adalah
materi jaringan tumbuhan pada kelas XI SMA. Buku siswa saat ini sudah menjadi pegangan dalam
pembelajaran yang belum diketahui telah memuat aspek argumentasi atau belum. Meninjau dari hal
tersebut maka tujuan penelitian ini yakni menganalisis tiga buku siswa yang telah beredar di antara para
siswa saat ini terkait adanya materi jaringan tumbuhan kelas XI SMA apakah dapat memfasilitasi
terbentuknya keterampilan argumentasi berdasarkan indikator kemampuan argumentasi. Teknik
pengambilan data dilakukan dengan observasi buku sesuai dengan instrumen aspek argumentasi terhadap
buku siswa kemudian pengolahan data dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Instrumen argumentasi
diambil dari aspek 6 tahapan yakni ide awal, pengujian, pengamatan, kesimpulan, bukti, dan refleksi.
Dengan hasil materi dalam buku pertama memiliki nilai kriteria Argumentasi 96,67% dan dikategorikan
Sangat Baik, materi dalam Buku terbitan kedua memiliki nilai kriteria Argumentasi 50,00% dan
dikategorikan Cukup materi dalam Buku terbitan ketiga memiliki nilai kriteria Argumentasi 66,67% dan
dikategorikan Cukup dalam memuat kemampuan argumentasi. Penelitian ini dapat dijadikan refrensi
dalam memilih buku siswa yang memenuhi kriteria argumentasi.
Kata kunci: Kemampuan argumentasi, Materi Jaringan Tumbuhan, Buku siswa
Abstract
One of the demands in the current curriculum is the interactive learning process. The interactive
process will then give produce to the ability to communicate, among others, the ability to argue. This is
stated in the Basic Competence demands where students are asked to be able to present data in writing or
orally. The principle of argumentation is needed to achieve the ability of argumentation. Ability Main
argumentation is needed in learning biology which is a natural science to strengthen understanding related
to the phenomena in it. One of them is on plant tissue topic in class XI High School. Along with these
demands students currently have a handle in carrying out learning in the form of students books that have
not been known to contain argumentative abilities or not. Based on this, the researchers wanted to analyze
students books that have been circulating among students at this time, especially on plant tissue topic. The
data collection technique was done by observing the book in accordance with the aspect of argumentation
against stutents book and then processing the data by using descriptive analysis method.The
argumentation instrument is taken from the aspect of 6 stages namely beginning question, testing,
observation, conclusions, evidence, and reflection. With the results of the material in the first book having
an Argumentation criterion score of 96.67% and being categorized as Very Good, the material in the
second students Book has an Argumentation criterion score of 50.00% and is categorized as Fair, the
material in the third students Book has an Argumentation criterion score of 66.67% and is categorized
Fair in prmoting argumentation skills. This research can be used as refrence in selecting students books
that meet the criteria for argumentation.
Keywords: Argumentation skills, Plant Tissue Topic, and Students Books