BRAND IDENTITY DAN MEDIA SOSIAL TRIVERSA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESSPERANCANGAN
DESIGNING TRIVERSA BRAND IDENTITY AND SOCIAL MEDIA AS A MEANS TO INCREASE BRAND AWARENESS
Triversa merupakan anak perusahaan dari Elevate Branding, perusahaan ini akan bergerak dibidang jasa dan konsultasi produksi cetak seperti digital printing, offset, merchandise, signage, awarding staff dan tekstil. Triversa merupakan perusahaan yang akan dibentuk sehingga membutuhkan adanya brand identity untuk membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan serupa, dibutuhkannya media untuk mempromosikan perusahaan yang akan dibentuk ini agar dapat dikenalkan banyak masyarakat luas. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya ketentuan dari owner Franky K. Nugroho untuk perancangan brand identity Triversa seperti, harus memiliki logogram, logotype, juga menggunakan gaya desain yang modern, colorful serta dapat diaplikasikan terhadap stationery dan media sosial (Instagram & Facebook). Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga pengelolaan data akan lebih terstruktur dan terhindar dari kesalahan dalam proses pembuatan, analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threats) bertujuan mengetahui kelebihan dan kekurangan Triversa serta dapat menonjolkan keunikan Triversa yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Metode penelitian ini digunakan agar dapat menyesuaikan dengan keinginan dari owner dan dapat membangun rasa percaya masyarakat terhadap Triversa yang merupakan perusahaan baru, brand identity dan media sosial ini diharapkan dapat mendatangkan konsumen yang menggunakan jasa produksi, sehingga akan berdampak pada meningkatnya penghasilan. Hasil perancangan sesuai yang dibutuhkan, seperti logo, GSM (graphic standard manual), stationery, dan juga media sosial.
Triversa is a subsidiary of Elevate Branding, this company will be engaged in print production services and consulting such as digital printing, offset, merchandise, signage, awarding staff and textiles. Triversa is a company that will be formed so that it requires a brand identity to differentiate the company from similar companies, it needs media to promote the company that will be formed so that it can be introduced to the wider community. The problem faced is that there are provisions from owner Franky K. Nugroho for the design of Triversa's brand identity, such as having a logogram, logotype, also using a modern, colorful design style and can be applied to stationery and social media (Instagram & Facebook). This design uses qualitative research methods so that data management will be more structured and avoid errors in the manufacturing process, SWOT analysis (strength, weakness, opportunities, threats) aims to determine the strengths and weaknesses of Triversa and can highlight the uniqueness of Triversa that is not owned by its competitors. This research method is used in order to be able to adapt to the wishes of the owner and to build public trust in Triversa which is a new company, brand identity and social media are expected to bring in consumers who use production services, so that it will have an impact on increasing income. The results of the design are as needed, such as logos, GSM (graphic standard manual), stationery, and also social media.