Maraknya bisnis kue dari para artis makin baik ketika mereka memanfaatkan kepopuleran nama baik mereka hingga akhirnya dimanfaatkan sebagai nama produk oleh-oleh khas daerah yang dinamakan oleh-oleh Kekinian. Para artis yang dianggap juga sebagai pengusaha kuliner ini banyak yang berhasil menjadikan sebagai produk kue kekinian mereka menjadi kebutuhan belanja ketika berwisata dan memperoleh sukses yang cukup besar. Pembelian sebuah produk dan jasa serta pemilihan merek, para selebriti bisa memiliki pengaruh kuat kepada konsumen. Selebriti bisa menjadi alat pemasaran suatu produk yang sangat penting, karena daya tariknya yang luar biasa dan memiliki penggemar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, dan Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian kue kekinian di Surabaya. Sampel penelitian ini sejumlah 90 responden. Variabel bebas terdiri dari promosi, dan Celebrity Endorser , sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian yang diukur menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan bahwa Celebrity endorser juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara Simultan Promosi , dan Celebrity Endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kue kekinian di Surabaya.
The rise of the cake business from the artists is getting better when they take advantage of the popularity of their good name until finally used as the name of a regional souvenir product called the Kekiniant souvenir. Many artists who are the owners of these culinary businesses have succeeded in making their cake products a mandatory grocer when traveling and gaining considerable success. Purchasing a product and service and choosing a brand, celebrities can have a strong influence on consumers. Celebrities can be a marketing tool for a product that is very important, because of its extraordinary appeal and fans. The purpose of this study was to determine the influance of promotion, and Celebrity Endorser on purchasing decisions curent(kekinian) cake in Surabaya. The sample of this study was 90 respondents. The independent variable consists of promotion, and celebrity endorser, while the dependent variable in this study is a purchasing decision that is measured using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that Promotion has a significant effect on purchasing decisions and Celebrity Endorsers have a significant effect too on purchasing decisions. Simultaneously Promotions, and celebrity endorsers have a significant effect on current cake purchasing decisions in Surabaya.