Penelitian ini dilatar belakangi oleh baiknya prestasi yang diperoleh tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya yang secara konsisten juga menjalankan latihan secara teratur dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan bermain futsal tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya. Keterampilan bermain futsal meliputi passing, controlling, dribbling, dan shooting.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan dan menghubungkan dengan variabel lainnya. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan teknik dasar bermain futsal. Subyek dalam penelitian ini adalah tim futsal SMA Negeri 9 Surabaya yang berjumlah 12 pemain. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Pada penelitian ini, untuk Instrumen menggunakan “Tes Futsal FIK Jogja” dengan validitas sebesar 0,67, reliabilitas 0,69, dan objektivitas 0,54.
Hasil penelitian menunjukkan siswa yang masuk kategori ”sangat baik” sebanyak 0 siswa (0%), kategori “baik” sebanyak 5 siswa (41,66%), kategori “cukup” sebanyak 3 siswa (25%), kategori “kurang” sebanyak 3 siswa (25%), kategori “kurang sekali” sebanyak 1 siswa (8,33%). Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar bermain futsal tim futsal di SMA Negeri 9 Surabaya yang meliputi dribble, passing, control dan shooting termasuk dalam kategori Baik. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan, akan tetapi hanya berlaku untuk kelompok yang diteliti saja.
Kata kunci : Futsal, Keterampilan Teknik Dasar Bermain
Futsal.
This research was motivated by the good achievements obtained by the participants in extracurricular futsal SMA Negeri 9 Surabaya wich consistently carried out regular and continous training. This study aims to find the level of basic technic skills playing futsal in SMA Negeri 9 Surabaya futsal team. Basic technique skills playing futsal include passing, controlling, dribbling, and shooting.
This research is descriptive quantitative with a variable without making comparisons and connect with other variables. The variables in this study are the basic technique skills playing futsal. Subjects in this study were participants in extracurricular futsal SMA Negeri 9 Surabaya totaling 12 players. The method used is survey and data collection techniques using test and measurement. In this study, for the instrument uses " Futsal test FIK Jogja " the validity of 0.67, reliability of 0.69, and objectivity of 0.54.
Results showed students that entered the category of "very good" as much as 0 students (0%), the category of "good" by 5 students (41,66%), the category of "enough" as many as 3 students (25%), the category of "poor" by 3 students (25%), the category of "very unfavorable" as much as 1 students (8,33%). From the research results can be concluded that the level of basic technique skills playing futsal in SMA Negeri 9 Surabaya futsal team covering dribble, passing, and shooting controls included in the Good category. This category cannot be generalized, but only applies to the group under study.
Keywords: futsal, Basic Tecnique Skills Playing Futsal.