ABSTRAK
Ari Sriantini. 2019. Konsepsi mahasiswa Program Studi Nautika pada materi segitiga bola ditinjau dari gaya belajar. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.Dr.Mega Teguh Budiarto, M.Pd, dan (II) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc.
Kata-kata Kunci: Konsepsi Mahasiswa, Segitiga bola, Gaya belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan konsepsi mahasiswa pada materi segitiga bola ditinjau dari gaya belajar. Konsepsi mahasiswa dideskripsikan berdasarkan identifikasi mahasiswa terhadap segitiga bola serta penerapan segitiga bola untuk menentukan jarak pelayaran dan haluan kapal dalam pelayaran. Representasi mahasiswa terhadap segitiga bola difokuskan pada menghitung besarnya bagian-bagian segitiga bola, penggunaan aturan-aturan segitiga bola untuk menghitung jarak dan haluan kapal dalam pelayaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Nautika yang bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, yang memiliki kemampuan matematika setara dan dapat berkomunikasi dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsepsi mahasiswa yang bergaya belajar Visual pada segitiga bola sebagai berikut: 1) Dalam menentukan sudut pada segitiga bola dengan menggunakan aturan sinus, sedangkan aturan cosinus digunakan untuk menentukan panjang sisi segitiga bola.2) Menghitung jarak yang ditempuh oleh kapal dalam suatu pelayaran dengan menggunakan aturan cosinus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsepsi mahasiswa yang bergaya belajar Auditori pada segitiga bola sebagai berikut: 1) Segitiga bola merupakan segitiga yang terletak pada permukaan bola dan bentuknya menyerupai bola.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsepsi mahasiswa yang bergaya belajar Kinestetik pada segitiga bola sebagai berikut: 1) Menghitung besarnya bagian-bagian segitiga bola (sudut dan sisi) dengan menggunakan aturan cosinus, 2) Segitiga bola adalah segitiga yang dibatasi oleh tiga buah lingkaran besar.
ABSTRACT
Ari Sriantini. 2019. The conception of Nautika Students on spherical triangle in terms of learning styles. Thesis, Mathematics Education Program, Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor: (I) Prof.Dr.Mega Teguh Budiarto, M.Pd, and (II) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc.
Keywords : Student Conception, spherical triangle, Learning style
This study aims to describe the conception of students in the material of spherical triangle in terms of learning styles. The conception of the students described based on the identification of students to spherical triangle and implementation spherical triangle to determine the distance of the ship and the course. Student representations of spherical triangles focused on calculating the parts of spherical triangles, the use of spherical rules for calculating distance and course of ships on a voyage. This research is an exploratory study with a qualitative approach. The subjects of this study were first semester students of the Nautika Program who have visual, auditory, and kinesthetic learning styles, who have the same mathematical abilities and can communicate well.
The results showed that the students' conception of Visual learning style on the spherical triangle was as follows: 1) In determining the angle of the spherical triangle using the sine rule, while the cosine rule was used to determine the length of the spherical triangle's sides. 2 ) Calculate the distance by a ship on a voyage using cosine rules.
The results showed that the conception of students learning Auditory style on a spherical triangle as follows: 1 ) Spherical triangle is a triangle on the sphere and its shape resembles a ball .
The results showed that the conception of student stylish learn Kinesthetic the spherical triangle as follows: 1) Calculate the amount of parts spherical triangle (angles and sides) using rules cosine, 2) Spherical triangle is a triangle restrited by three great circle.