PT ASDP Indonesia Ferry adalah salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang. Fungsi utama perusahaan ini adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan serta menyatukan pulau-pulau besar sekaligus menyediakan akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan. Salah satunya PT ASDP Indonesia Ferry mengoprasikan layanan feri KMP Gili Iyang, yang berfungsi menghubungkan lansung Gresik – Bawean - Paciran melalui jalur laut yang dapat menampung 200 penumpang yang membutuhkan waktu perjalanan 8 jam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan Gili Iyang Gresik – Bawean - Paciran menggunakan metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dengan menggunakan metode wawancara kepada penumpang. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah penumpang yang menggunakan KMP Tongkol selama tahun 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 153 responden.
Hasil penelitian menunjukan penumpang sudah merasa puas namun ada indikator – indikator yang diprioritaskan oleh penumpang yang kinerjanya harus lebih ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penyeberangan KMP Gili Iyang Gresik – Bawean - Paciran, Importance Perfomance Analysis (IPA).
PT ASDP Indonesia Ferry is one of the state-owned companies in Indonesia which is engaged in ferry transportation services and managing ferry ports for passengers. The company's main function is to provide access to public transportation between neighboring islands and to unite large islands while providing access to public transportation to areas that do not yet have crossings to accelerate development. One of them is PT ASDP Indonesia Ferry operating the KMP Gili Iyang ferry service, which functions to connect the Gresik - Bawean - Paciran route by sea that can accommodate 200 passengers which requires an 8 hour journey.
The purpose of this research is to analyze the Service Quality and know the level of service quality KMP Gili Iyang Gresik – Bawean - Paciran with Importance Performance Analysis (IPA) method, with using interview method for population in the study was the number of passengers using KMP Gili Iyang during 2019, sampling methods used Is a “Simple Random Sampling” use formula Slovin so that the number of samples obtained was 153 respondents.
The result of this study show passengers already satisfied however there are priority indicators by passengers that be further improved. The result of this study show passengers already satisfied however there are priority indicators by passengers that further improved.