PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA DI SMKN 3 SURABAYA
Penelitian ini adalah untuk menginspirasi peserta didik sehingga mereka dapat memperkuat minat belajar mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan pencapaian akademis mereka dan memupuk sifat kompetitif. Hal ini dilakukan dengan menggunakan perangkat ajar interaktif yang memanfaatkan storyline 3 untuk konten belajar. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Menganalisis tingkat keakuratan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3, 2) Menganalisis kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3, 3) menganalisis keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3. Penelitian ini menggunakan jenis penetlitian pengembangan memanfaatkan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek penetian terdiri dari peserta didik kelas TAV (Teknik Audio Video) 1 SMKN 3 Surabaya, dengan jumlah peserta sebanyak 31 siswa. Instrument pengumpulan data meliputi validasi media, validasi modul pembelajaran, dan validasi butir soal untuk menilai keakuratan media. Kuesioner respons siswa digunakan untuk menilai kefungsionalan media, sedangkan tes pilihan ganda pretest dan posttest digunakan untuk mengevaluasi keefisiensian media. Dari penelitan ini didapatkan hasil keefektifan media ajar dengan pengujian normalitas, data hasil belajar peserta memperoleh nilai Shapiro-Wilk pada soal pretest 0,087. Dimana nilai sig. 0,087 ≥ 0,05 sehingga H0 diterima, yakni data berdistribusi normal. Sedangkan nilai sig. pada soal posttest didapatkan nilai sig. sebesar 0,013, jadi nilai sig. posttest 0,013 ≤ 0,05 maka ditolak H1 yakni data menyimpang dari distribusi normal. Oleh sebab itu, dilakukan pengujian Wilcoxon. Hasil pengujian Wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai sig. ≤ 0,05. Dengan demikian H1 ditolak, yakni adanya perbedaan yang signifikasi pada hasil pretest dan posttest.
Kata Kunci: media pembelajran interaktif, articulate storyline 3, ADDIE.
This research is to inspire learners so they may enhance their motivation for learning, which in turn will improve their learning outcomes and foster a competitive nature. This is done by utilizing ractive educational resources using articulate storyline 3. The objectives in this inquiry, we find: 1) Analyzing the validation level of active learning multimedia based on articulate storyline 3, 2) Analyzing the functionality of active learning multimedia based on articulate storyline 3, 3) Analyzing the efficiency of active learning multimedia based on articulate storyline 3. This examination makes use of a sort of development research by applying the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation). The research subjects consisted of TAV (Audio Video Engineering) 1 class students of SMKN 3 Surabaya, with a total of 31 students. Data collection instruments include media validation, learning module validation, and item validation to assess the accuracy of the media. Student reaction surveys were used to assess the practicality of the media, while pretest and posttest multiple choice tests were implemented to determine the efficiency of the media. From this examination, the conclusions of the efficiency of learning media were obtained by testing normality, the data on the participants' learning outcomes obtained a Shapiro-Wilk value on the pretest question of 0.087. Where the sig value. 0.087 ≥ 0.05 so that H0 is accepted, namely normally distributed data. While the sig. value on the posttest question obtained a sig. value of 0.013, so the sig value. posttest 0.013 ≤ 0.05, so H1 is rejected, namely the data shows non-normal distribution So then the Wilcoxon test was conducted. The Wilcoxon test results obtained an Asymp.Sig. (2-tailed) of 0.000 where the sig value. ≤ 0,05. So that H1 is not approved, revealing a significant discrepancy in the pretest and posttest results.
Keywords: interactive learning media, articulate storyline 3, ADDIE.