Perancangan Flashcard Karikatur Fisikawan Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP
Physicist Caricature Flashcard Design as Learning Media for Middle School Students
Materi Fisika dalam pelajaran IPA pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) memuat konsep dasar dan teori mengenai energi dan perubahannya yang dicetuskan oleh para fisikawan. Salah satu kesulitan siswa SMP dalam pembelajaran Fisika pada pelajaran IPA yaitu kesulitan penguasaan konsep dasar. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan melibatkan keaktifan interaksi siswa sehingga menyebabkan siswa mudah bosan dan sulit memahami materi. Untuk itu diperlukan adanya inovasi alat bantu media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep dasar Fisika. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 5W+1H, dengan menggunakan metode Design Thinking sebagai metode perancangan media flashcard. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa flashcard yang menampilkan 12 karikatur fisikawan beserta teorinya yang dikemas dengan tampilan menarik. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan skor berturut-turut sebesar 97% dan 92% yang tergolong sangat baik dan valid. Hasil uji coba flashcard terhadap siswa SMP kelas VII sampai IX yang mana merupakan target audiens dari flashcard ini mendapatkan respon positif baik dari segi materi maupun visual media.
Kata Kunci: Flashcard, Karikatur, Fisikawan, Media Pembelajaran, Fisika.
Physics material in science lessons at the junior high school level contains basic concepts and theories about energy and its changes that were initiated by physicists. One of the difficulties for junior high school students in learning physics in science lessons is mastering basic concepts. This is due to the lack of interesting learning media and involving student interactions, causing students to get bored easily and find it difficult to understand the material. For this reason, it is necessary to innovate learning media tools that can make it easier for students to understand the basic concepts of Physics. This study uses interview data collection techniques, questionnaires, and documentation. The data analysis technique uses 5W+1H, using the Design Thinking method as a flashcard media design method. The results of this study are learning media in the form of flashcards featuring 12 caricatures of physicists and their theories that are packaged in an attractive appearance. The results of the validation by material experts and media experts got a score of 97% and 92%, respectively, which were classified as very good and valid. The results of the flashcard trial for junior high school students grades VII to IX, which is the target audience of this flashcard, received a positive response both in terms of material and visual media.
Keywords: Flashcard, Caricature, Physicist, Learning Media, Physics.