PENGARUH AWARENESS TRAINING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA ATLET REMAJA
THE EFFECT OF AWARENESS TRAINING ON PSYCHOLOGICAL WELL-BEING AMONG ADOLESCENT ATHLETES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh identity awareness training terhadap psychological well-being pada atlet remaja DBON UNESA. Identity awareness training dianggap sebagai metode yang efektif dalam menerapkan konsep kesadaran dan sistematis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control grup design. Subjek pada penelitian ini adalah 24 orang atlet DBON UNESA. Data diperoleh melalui pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen psychological well-being berdasarkan Ryff yang memuat 42 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-berpasangan dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Nilai gain score kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (39,8 > 2,6). Pada penelitian ini menunjukkan bahwa identity awareness training mampu menuntun atlet dalam melakukan evaluasi atas diri, membina hubungan sosial yang baik, dan meningkatkan motivasi atlet sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis atlet. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh identity awareness training terhadap Psychological Well-Being pada atlet remaja.
Kata Kunci: Psychological Well-Being, Awareness Training
This study was aims to determine identity awareness training affect Psychological Well-Being in UNESA DBON adolescent athletes. identity awareness training is considered as an effective method of applying the concept of awareness and systematic. This study used a quantitative experimental method with a pretest-posttest control group design. The subjects in this study were 24 UNESA DBON athletes. Data were obtained by performing the pretest and posttest with using the Psychological Well-Being instrument based on Ryff which contains 42 items Data were analyzed using paired t-test with significance value of 0.000 (p<0.05). The findings of gain score in the experimental group were higher than the control group (39.8 > 2.6). This study shows that identity awareness training is able to guide athletes in self-evaluations, fostering good social relations, and increase athlete motivation which can improve the psychological well-being among athletes. The conclusion in this study is identity awareness training affect psychological well-being in adolescent athletes.
Keyword: Psychological Well-Being, Identity Awareness Training