Rekrutmen Calon Pemimpin Lembaga Pendidikan Melalui Pendekatan Appreciative Inquiry
Recruitment Of Prospective Leaders Of Educational Institutions Through An Appreciative Inquiry
Artikel ini dibuat untuk menganalisis rekrutmen pemimpin lembaga pendidikan dalam pengusulan calon bakal pemimpin melalui pendekatan appreciative inquiry. Artikel ini menggunakan metode systematic literatur review dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Reviews and Meta-analysis). Artikel ini menggunakan database Scoopus, Emerald, dan Google Scholar. Dalam tahap awal pencarian artikel, dilakukan identifikasi, screening, eligibility , kemudian included dengan menghasilkan sebanyak 25 artikel. Dari hasil temuan dan pembahasan, maka ditarik kesimpulan bahwa kegiatan rekrutmen pemimpin lembaga pendidikan dilakukan dengan pertama – tama memperhaitkan pengusulan bakal calon pemimpin lembaga pendidikan. Pengusulan bakal calon ini akan menemukan calon pemimpin lembaga pendidikan yang sesuai kualifikasi dan mampu di ikut sertakan dalam penyeleksian pemimpin lembaga pendidikan dalam kegiatan rekrutmen. Pengusulan bakal calon pemimpin dalam kegiatan rekrutmen ini bisa dilakukan dengan menganalisis SOAR yang memperhatikan keunggulan yang dimiliki oleh calon itu sendiri maupun keunggulan lembaga dalam menentukan calon. Keunggulan yang dimaksud yaitu adanya program lelang jabatan, program penyiapan pemimpin, program identifikasi diri, program pengabdian masyarakat, dan program perangkingan potensi guru. Keunggulan tersebut merupakan keunggulan yang dimiliki oleh lembaga pendidikan untuk menemukan guru yang berkompeten. Dari keunggulan ini bisa memberikan informasi mengenai calon bakal pemimpin yang memiliki kompetensi yang lebih diantara yang lainnya. Dari calon bakal yang dipilih ini akan diusulkan untuk mengikuti seleksi perekrutan pemimpin lembaga pendidikan dikemudian hari.
This article was created to analyze the recruitment of leaders of educational institutions in proposing potential leaders through an appreciative inquiry approach. This article uses a systematic literature review method with the PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Reviews and Meta-analysis) model. This article uses the Scoopus, Emerald, and Google Scholar databases. In the early stages of article search, identification, screening, eligibility, then included by generating as many as 25 articles. From the findings and discussion, it is concluded that the recruitment of leaders of educational institutions is carried out by first paying attention to the nomination of prospective leaders of educational institutions. The nomination of these candidates will find prospective leaders of educational institutions who are qualified and able to be included in the selection of leaders of educational institutions in recruitment activities. The nomination of prospective leaders in this recruitment activity can be done by analyzing SOAR which takes into account the advantages possessed by the candidates themselves and the advantages of institutions in determining candidates. The advantages in question are the existence of a job auction program, a leader preparation program, a self-identification program, a community service program, and a teacher potential ranking program. These advantages are the advantages possessed by educational institutions to find competent teachers. From this advantage, it can provide information about prospective leaders who have more competence than others. From these selected candidates, they will be proposed to take part in the selection of recruitment for leaders of educational institutions in the future.