MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KABUPATEN SIDOARJO (STUDI MULTI KASUS DI SMAN 1 KRIAN DAN SMAN 1 TAMAN)
CHARACTER EDUCATION STRENGTHENING MANAGEMENT IN KABUPATEN SIDOARJO (MULTI CASE STUDY IN SMAN 1 KRIAN AND SMAN 1 TAMAN)
ABSTRAK
MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KABUPATEN SIDOARJO
(STUDI MULTI KASUS DI SMAN 1 KRIAN DAN SMAN 1 TAMAN)
Nama : Panoyo
NIM : 17070976017
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Fakulta : Fakultas Ilmu Pendidikan
Institus : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. & Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang manajemen penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Sidoarjo dengan studi multi kasus di SMAN 1 Krian dan SMAN 1 Taman. Komponen manajemen tersebut mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi penguatan pendidikan karakter di SMAN 1 Krian dan SMAN 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi kasus.
Hasil penelitian terkait manajemen penguatan pendidikan karakter di kabupataen Sidoarjo (studi multi kasus di SMAN 1 Krian dan SMAN 1 Taman) menunjukkan bahwa, perencanaan penguatan pendidikan karakter harus memenuhi minimal lima aspek yaitu mengacu pada visi dan misi sekolah, mengidentifikasi potensi sekolah, merumuskan dan menentukan nilai karakter yang akan dikembangkan, program disusun secara bersama seluruh komponen sekolah, serta guru membuatan perangkat pembelajaran (RPP) berbasis karakter. Pengorganisasian dalam penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan empat hal yaitu, pembagian tugas dan tanggungjawab, koordinansi dan komunikasi antar pelaksana dan penanggungjawab tugas, mengembangkan kualitas sumberdaya manusia, serta mengorganisir sumberdaya sarana dan prasarana. Implementasi penguatan pendidikan karakter terdapat enam komponen utama yaitu, terintegrasi dalam kurikulum dan pembelajaran, terintegrasi dalam pembinaan kesiswaan, budaya dan lingkungan sekolah dari kembiasaan, keteladanan warga sekolah dan lingkungan, penegakkan tata tertib dan aturan sekolah, serta pelibatan masyarakat. Pengawasan penguatan pendidikan karakter terdapat empat komponen utama yaitu, dilakukan oleh internal sekolah, dilakukan oleh stakeholder, melibatkan peranan keluarga, serta melibatkan masyarakat. Evaluasi penguatan pendidikan karakter terdapat empat komponen utama yaitu, penyusunan dan pembuatan instrumen penilaian, dilakukan oleh internal dan eksternal, menghasilkan faktor yang mempengaruhi program, serta memerlukan tindak lanjut untuk melakukan perbaikan secara terus menerus.
Kata Kunci : Penguatan, Pendidikan Karakter
ABSTRACT
CHARACTER EDUCATION STRENGTHENING MANAGEMENT IN KABUPATEN SIDOARJO
(MULTI CASE STUDY IN SMAN 1 KRIAN AND SMAN 1 TAMAN)
Name : Panoyo
Number : 17070976017
Department : Educational Management
Faculty : Faculty of Education
Institution : State University Surabaya
Advisor : Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. & Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd
This study aims to describe and analyze data about the management of strengthening character education in Sidoarjo Regency with a multi-case study at SMAN 1 Krian and SMAN 1 Taman. The management component starts from planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluating the strengthening of character education at SMAN 1 Krian and SMAN 1 Taman Sidoarjo. This study uses qualitative research with a multi-case study research design.
The results of research related to the management of character education strengthening in Sidoarjo regency (multi-case studies in SMAN 1 Krian and SMAN 1 Parks) show that, planning to strengthen character education must meet at least five aspects, namely referring to the vision and mission of the school, identifying school potential, formulating and determining character values to be developed, the program is compiled together with all school components, and the teacher makes character-based learning tools (RPPs). Organizing in strengthening character education is carried out with four things namely, division of tasks and responsibilities, coordination and communication between implementers and responsible parties, developing the quality of human resources, and organizing the resources of facilities and infrastructure. The implementation of strengthening character education has six main components, namely, integrated in the curriculum and learning, integrated in fostering student, cultural and school environment from tradition, exemplary school and environment residents, enforcement of school rules and regulations, and community involvement. Supervision of character education strengthening there are four main components, namely, carried out by internal schools, carried out by stakeholders, involving the role of families, and involving the community. Evaluation of strengthening character education there are four main components, namely, the preparation and manufacture of assessment instruments, carried out internally and externally, produce factors that affect the program, and require follow-up to make continuous improvements.
Keywords: Strengthening, Character Building