Abstrak
Setyo Budi, Karno.
201 9 . Pengaruh media trainer
mikrokontr o ler berbasis
arduino uno terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengontrol input dan
output port di SMK KAL-1
Surabaya ditinjau dari tingkat berpikir kreatif siswa . Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr.
H. Supari Muslim, Drs., M.Pd., dan (II) Dr. Agus Budi Santosa, M.Pd.
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada kompetensi
dasar mengontrol input dan output port yang masih belum maksimal dengan
menggunakan media
trainer mikrokontroler yang sudah ada di sekolah yaitu
trainer mikrokontroler AVR. Hal ini dikarenakan media trainer yang ada belum dilengkapi LKS, pada proses pembelajaran siswa belum diberi
kesempatan untuk berpikir kreatif, tampilan trainer AVR belum menarik siswa
untuk belajar lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) menganalisis hasil belajar bagi siswa
yang diajarkan dengan menggunakan media
trainer mikrokontroler berbasis Arduino Uno dan siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembel a jaran mikrokontroler AVR pada kompetensi dasar mengontrol input dan
output port di SMK KAL-1 Surabaya ; ( 2) menganalisis
hasil belajar pada kompetensi dasar
mengontrol input dan output port antara siswa yang memiliki tingkat
berpikir kreatif tinggi dan siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif rendah
di SMK KAL-1 Surabaya; dan ( 3) menganalisis interaksi
antara penggunaan media pembelajaran dan berpikir kreatif terhadap hasil
belajar pada kompetensi dasar
mengontrol input dan output port di SMK KAL-1 Surabaya .
Jenis
penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan menggunakan desain penelitian desain faktorial. Desain faktorial menggunakan dua kelompok yaitu (1)
kelompok eksperimen kelas X TAV A
yang diajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran trainer mikrokontroler Arduino Uno ; dan (2) kelompok kontrol kelas X TAV
B yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran trainer mikrokontroler AVR, dengan
variabel moderator tingkat berpikir kreatif siswa. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini sebagai berikut: (1) teknik pengumpulan
data validasi media trainer mikrokontroler Arduino Uno; (2) teknik pengumpulan
data hasil belajar ranah afektif; (3) teknik pengumpulan data hasil belajar
ranah kognitif; (4) teknik pengumpulan data hasil belajar ranah psikomotor; dan
(5) teknik pengumpulan data hasil belajar tingkat berpikir kreatif siswa. Instrumen
dalam penelitian ini adalah: (1) validasi media trainer mikrokontroler Arduino
Uno; (2) validasi perangkat pembelajaran; (3) validasi tes hasil belajar ranah
afektif, kognitif, dan psikomotor; (4) validasi tes hasil belajar tingkat
berpikir kreatif siswa. Pada kelas uji coba di SMK PGRI 4 Surabaya untuk
mengetahui: (1) validitas butir soal; (2) taraf kesukaran; (3) daya beda; (4)
reliabilitas butir soal hasil belajar kognitif; dan berpikir kreatif; (5)
realibilitas pengamatan hasil belajar ranah
afektif, dan psikomotor. Uji asumsi dalam penulisan ini terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Uji statistik pada penulisan ini menggunakan Anava dua jalur
dengan bantuan SPSS.
Penelitian menemukan: ( 1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media trainer Arduino Uno (ranah kognitif = 83,1667 , ranah afektif = 83,6319 ,
dan ranah psikomotor = 85,1103 ) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar bagi siswa yang diajar menggunakan media trainer AVR
(ranah kognitif = 79,3529 , ranah afektif = 73,5885 ,
dan ranah psikomotor = 79,7153 ) pada kompetensi dasar
mengontrol input dan output port di SMK KAL-1
Surabaya; ( 2) hasil belajar bagi siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi (ranah kognitif
= 88,4444 , ranah afektif = 85,9533 , dan ranah psikomotor = 87,5506 ) , lebih
tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar bagi siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif rendah (ranah kognitif
= 77,8889 , ranah afektif = 81,3106 , dan ranah psikomotor = 82,6700 ) pada kompetensi
dasar mengontrol input dan output port ; ( 3) terdapat interaksi secara signifikan antara media trainer dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar mengontrol input dan output port di
SMK KAL-1 Surabaya ,
diperoleh hasil pengaruh media trainer dan berpikir kreatif terhadap hasil
belajar ranah kognitif Fhitung = 118,009
dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, pengaruh
media trainer dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar ranah afektif Fhitung
= 318,760 dengan signifikansi 0,000 < 0,05,
maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan pengaruh media trainer dan berpikir
kreatif terhadap hasil belajar ranah psikomotor Fhitung = 234,447 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho
ditolak dan Ha diterima.
Penelitian
menyarankan: (1) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi
disarankan untuk menggunakan media trainer Arduino Uno, sehingga dapat mengasah
kemampuan berpikir kreatifnya dan meningkatkan hasil belajar; (2) siswa
memperbanyak mencari referensi tentang Arduino Uno, sehingga dapat meningkatkan
pemahaman tentang materi mikrokontroler; dan (3) sebelum melakukan praktikum
siswa harus mempersiapkan peralatan yang cukup, sehingga pembelajaran berjalan
dengan lancar.
Kata-kata Kunci: Media Trainer, Hasil Belajar Siswa, Berpikir Kreatif.
This study is
motivated by the results of student learning on the basic competence of
controlling input and output port that is still not maximal by using the
existing microcontroller trainer in the school that is the AVR microcontroller
trainer. This is because the existing learning media is not equipped with LKS,
in the learning process students have not been given the opportunity to think
creatively, the display AVR trainers have not attracted students to learn
better. This study aims to: 1) analyze learning outcomes for students taught by
using learning media of Arduino Uno microcontroller trainers and students
taught by using AVR microcontroller learning media on basic competence
controlling input and output port at SMK KAL-1 Surabaya; 2) analyze learning
outcomes on basic competencies controlling inputs and output ports between
students who have high creative thinking level and students who have low
creative thinking level in SMK KAL-1 Surabaya; and 3) to analyze the
interaction between the use of learning media and creative thinking to the
learning outcomes on the basic competence of controlling the input and output
port in SMK KAL-1 Surabaya.
Setyo Budi, Karno. 201 9 . The influence of learning media of arduino uno based microkontroller trainers on student learning outcomes in basic competency controling input and output port in SMK KAL-1 Surabaya viewed from the students' creative thinking level. Thesis, Technical and Vocational Education, Postgraduate University State of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Dr. H. Supari Muslim, Drs., M.Pd., and (II) Dr. Agus Budi Santosa, M.Pd.
Abstract