ABSTRAK
Lies
Budyana , 2020. Efek Kesadaran Metakognitif, Minat Belajar dan Intensitas Penggunaan
Aplikasi Pesan Cepat LINE Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika didalam Pembelajaran Tematik di SD. Disertasi .
Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya, Promotor: Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, dan Co-Promotor:
Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd.
Kata-kata Kunci : Kesadaran Metakognitif, Minat
Belajar, Intensitas Penggunaan Aplikasi Pesan Cepat LINE , Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Penggunaan kelompok komunikasi aplikasi pesan cepat diantaranya
LINE dikalangan orang dewasa hingga
pelajar SD semakin meningkat di abad 21 ini. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui adanya: (1) efek
antara kesadaran metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (2)
efek antara kesadaran metakognitif melalui intensitas penggunaan pesan cepat LINE terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika. (3) efek antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika. (4) efek antara minat belajar matematika melalui intensitas
penggunaan aplikasi pesan cepat LINE
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (5) efek antara intensitas
penggunaan aplikasi pesan cepat LINE terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika.
Desain penelitian berbentuk ex post facto, dilakukan
di SD Gloria1 dan SD Gloria 2. Instrumen penelitian ini terdiri dari dokumen
pencatatan intensitas penggunaan aplikasi pesan cepat LINE, angket minat belajar dan metacognitive
awareness inventory test. Data dianalisis dengan menggunakan Structural
Equation Model (SEM) software AMOS 20.0; untuk mengetahui kecenderungan masing-masing
variabel dengan kategori rendah, rata-rata dan tinggi dari kontribusi
masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian
disimpulkan: (1) terdapat efek secara signifikan antara tingkat kesadaran
metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (2) tidak ada efek
secara signifikan antara tingkat kesadaran metakognitif melalui intensitas
penggunaan aplikasi pesan cepat LINE terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika. (3) terdapat efek secara signifikan
antara minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (4)
terdapat efek secara signifikan antara minat belajar matematika melalui
intensitas penggunaan aplikasi pesan cepat LINE
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (5) terdapat efek secara signifikan
antara intensitas penggunaan aplikasi pesan cepat LINE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika