Latar belakang dalam penelitian ini yaitu betapa pentingnya suatu pengelolaan yang baik bagi lembaga pendidikan, teruntuk lembaga pendidikan nonformal yaitu PKBM. PKBM Budi Utama merupakan lembaga nonformal yang menjadi salah satu prototipe dalam pengelolaan lembaga yang mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan PKBM Budi Utama dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yang dikaitkan dengan standar pengelolaan pendidikan nonformal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif tipe studi kasus. Data yang dianalisis dari hasil data observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung terhadap proses pengelolaan di PKBM Budi Utama Surabaya. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu, dengan Data Reduction (Reduksi Data), Display Data (Penyajian Data), Verifikasi Data. Sedangakan dalam pengecekan keabsahan data (triangulasi) dilakukan dengan, triangulasi sumber, tringaulasi teknik, dan tringaulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan PKBM Budi Utama sesuai dengan pengelolaan atau manajemen PNF yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan serta pengelolaanya lebih pada pengembangan potensi sumber daya manusai lokal dikarenakan semua fungsi dalam pengelolaan berdasarkan akan kebutuhan masyarakat akan pendidikan ataupun pengetahuan yang dapat meningkatkan status sosial dan perekonomian masyarakat. Sehingga dalam pengembangan sumber daya manusia lokal dengan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang memiliki kemampuan mengajar ataupun lainya dan juga memberikan pembelajaran dalam bentuk pelatihan atau keterampilan. Faktor pendukung dari pengelolaan PKBM dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yaitu dari sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya non-manusia, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu dari latar belakang warga belajar atau peserta didik.
Kata Kunci: Pengelolaan, PKBM, Sumber Daya Manusia Lokal
The background of study of this research is the importance of well-managed educational institutions, especially non-formal institutions, namely PKBM. PKBM Budi Utama is one of non-formal institution prototypes in independent institution management. The purpose of this study is to analyze the management of PKBM Budi Utama from the perspective of developing local human resources potential related to the standards of non-formal education management.
This research uses a qualitative approach with a descriptive method of case study. Analyzed data are obtained from observation, interviews, and on the spot documentation on the management process at PKBM Budi Utama Surabaya. Data analysis techniques used are data reduction, display data, and verification. While checking the validity of the data (triangulation) is done by triangulation, technical trangulation, and time triangulation.
The results showed that the management of PKBM Budi Utama from the perspective of developing local human resources potential is in line with the PNF management standard from planning, organizing, mobilizing, coaching, evaluating, and developing and the development and management is more on developing local human resource potential because all function in management are based on the community’s need for education or knowledge that can improve the social and economis of the community. Therefore the local human resources development help people with training ability or something similar. They can provide training or coaching. The supporting factors from this management are from human and non-formal resources, while the obstacle is from the background of learning people of students.
Keyword: Management, PKBM, Local Human Reseources