Reka Cipta Ilustrasi Kartu Tarot Arkana Mayor Berdasarkan Karakter Game Genshin Impact
Arcana Major Tarot Card Illustration Design Based on Genshin Impact Game Characters
Tarot merupakan seperangkat set kartu permainan bergambar dan alat meditasi yang distigmatisasi oleh fenomena kultural, merupakan karya seni refleksi diri yang diilustrasikan melalui simbolisme kompleks mewakilkan belasan sifat inti manusia melalui pola teori psikologi Jungian Archetypes. Tarot terdiri dari 78 lembar kartu yang tersusun dari 22 lembar Arkana Mayor dan 56 lembar Arkana Minor. Pemakna kartu bebas menafsirkan arti tarot melalui pendekatan psikologi maupun spiritualitas. Kartu tarot bertema fantasi yang menerapkan teori arketipe masih sulit ditemukan. Meskipun di pasaran telah beredar kartu tarot bertemakan Genshin Impact, namun fungsi utama kartu tersebut justru lebih sebagai kartu koleksi, menjadikannya sulit digunakan sebagai media permainan tarot karena kartu yang tidak lengkap secara umum ditemuinya simbolisme yang tidak akurat. Melalui permasalahan ini, dibuatlah perancangan media ilustrasi Kartu Tarot bertema fantasidengan berdasarkan literatur psikologi Jungian. Penelitian menerapkan metode kualitatif deskriptif dalam pengolahan data, serta analisis pasar melalui metode USP. Wujud akhir dari perancangan tersebut adalah terciptanya proof of concept yang berupa lima dari 22 kartu Tarot Genshin Impact Major Arcana yang diadaptasi oleh cerita dan karakter fantasi Genshin Impact yang merupakan gim bertema fantasi tersukses di dunia selama dua tahun terakhir.
Tarot is a set of illustrated game cards and meditation tools stigmatized by cultural phenomena, a work of self-reflection that is illustrated through complex symbolism representing dozens of core human traits through the psychological theory pattern of Jungian Archetypes. Card interpreters are free to interpret the meaning of tarot through psychological and spiritual approaches. Fantasy-themed tarot cards that apply archetypal theory are still hard to find. Although the market has circulated tarot cards with the theme of Genshin Impact, the main function of these cards is merely collectible, making them difficult to use as a tarot game medium because incomplete cards generally have inaccurate symbolism. Through this problem, a fantasy-themed tarot card illustration media was designed based on Jungian psychology literature, as well as market analysis using the USP method. The research applies descriptive qualitative methods in data processing, the data is then used in card design. The final form of the design is the creation of a proof of concept in the form of five of the 22 Tarot Genshin Impact Major Arcana cards adapted by the story and fantasy character Genshin Impact which is the most successfulfantasy-themed game in the world for the last two years.