Kemampuan Pelafalan Bunyi Bahasa Anak Berkebtuhan Khusus Tunagrahita Sedang: Studi Kasus Vandy (Kajian Psikolinguistik)
Sound Of Language Ability In Special Needs Children Of Moderate Mental Retardation: Vandy Case Study (Psycholinguistics Studies)
Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi bagi manusia, begitupun juga dengan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Namun, anak berkebutuhan khusus tunagrahita mempunyai hambatan struktural dalam pengucapan yang menandai adanya malformasi dengan kepala. Hambatan struktural yang dimiliki sangat mempengaruhi kemampuan berbahasanya, salah satu hal yang terpengaruh yaitu kemampuan pelafalan kata yang kurang baik. Hal tersebut juga terjadi pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita sedang bernama Vandy, ia mempunyai kemampuan pelafalan bunyi bahasa yang kurang baik. Beberapa bunyi bahasa yang diucapkan tidak jelas, tidak mengucapkan beberapa fonem, dan terdapat beberapa bunyi bahasa yang tidak dapat dimengerti lawan bicaranya.
Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan berbahasa seseorang adalah bagaimana ia dapat memroduksi bunyi bahasa. Dalam hal ini, kajian yang mempelajari kemampuan seseorang dalam memroduksi bunyi bahasa dan pemahamannya pada kalimat pertuturan adalah psikolinguistik. Produksi bunyi bahasa yang dilafalkan oleh artikulator adalah bunyi vokal dan konsonan. Kemampuan produksi bunyi vokal dipengaruhi empat faktor yaitu tinggi rendahnya lidah, posisi lidah, ketegangan lidah, dan bentuk bibir, sedangkan produksi bunyi konsonan dipengaruhi oleh titik artikulasi, cara artikuasi, dan status pita suara.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan kemampuan produksi bunyi bahasa Vandy ABK tunagrahita sedang. Kemampuan pelafalan bunyi bahasa Vandy ABK tunagrahita sedang sudah cukup baik, hampir semua bunyi bahasa mampu dilafalkan, hanya satu bunyi konsonan yang tidak mampu dilafalkan oleh Vandy yaitu bunyi [r]. Hanya saja pada beberapa posisi susunan kata Vandy mengalami kesulitan melafalkan bunyi bahasa, baik itu bunyi vokal maupun konsonan.
Terdapat dua alasan yang menyebabkan Vandy mengalami kesulitan melafalkan bunyi vokal yaitu ketika kata yang mempunyai lebih dari satu fonem [k] dan penempatan fonem vokal sebelum fonem [n] di suatu kata. Jika kesulitan pelafalan bunyi vokal diakibatkan dua alasan, berbeda dengan kesulitan pelafalan bunyi konsonan diakibatkan empat alasan. Empat alasan tersebut diakibatkan oleh dua fonem atau lebih yang memiliki bentuk tulisan mirip, seperti fonem [m] dan [n] atau fonem [b], [d], dan [p]. Terdapat dua atau lebih fonem [k] di suatu kata. Menghilangkan bunyi fonem [g] setelah [n] pada gugus konsonan [ng]. Alasan terakhir yaitu menghilangkan fonem [n] di akhir kata. Berdasarkan beberapa penyebab kesulitan Vandy melafalkan beberapa bunyi bahasa di suatu kata, membuat Vandy sering mengganti bunyi fonem yang seharusnya dengan fonem lain atau menghilangkan bunyi bahasa yang dianggap Vandy sulit.
Language is used as a communication tool for humans, also special needs children of mental retardation. However, special needs children of mental retardation have a structural obstruction in pronunciation, which shows misinformation with the head.Misinformation profoundly affects language abilities; one of themis low of pronunciation ability. This case also occurs at Vandy, a special needs children of moderate mental retardation. He has low pronunciation ability and not evident in spoken some vocabularies.He even can not speak some phonemes, and his interlocutors could not understand some vocabulary.
One of the cases that affect people's language ability is how they can produce sound in a language. In this case, the researcher uses a psycholinguistics study, a study about sound productionand understanding speech sentences. Sound productions pronounced by articulators are vowels and consonants. The vowel production ability is influenced by four factors: the height of tongue, tongue position, tongue tension, and lip shape. While consonant production is influenced by articulation point, articulate method, and vocal cords status.
Based on the study obtained using a qualitative descriptive method, this study described the ability to produce the sound of language by Vandy, a child with special needs (ABK) of moderate mental retardation. The ability to pronounce the sound of language by Vandy ABK of moderate mental retardation is quite good. Almost all sounds of language can be pronounced. Only one consonant that can be pronounced by Vandy is the [r] sound. In a certain position of word orders, Vandy has difficulties pronouncing the sound of language, either vowels or consonants.
There are two reasons causing Vandy has difficulties in pronouncing vowels: when a word has more than one phoneme [k] and the placement of vowel phoneme before phoneme [n]. If the difficulties in pronouncing vowel are caused by two reasons, the difficulties to pronounce consonants is caused by four reasons. The four reasons are: two or more phoneme with a similar written form, such as phonemes [m] and [n] or phonemes [b], [d], and [p]; there is two or more phoneme [k] in a word; removing phoneme [g] sound after [n] in consonant order [ng]; removing phoneme [n] at the end of the word. Based on some causing difficulties on Vandy to pronounce the sound of language in a word, Vandy often replaces the phoneme sound supposed to with other phoneme or removing the sound of language considered difficult.