DEWA 19'S WORK IN ARRANGEMENT REVIEW (CHARACTERISTIC OF DOMINATING CHORD PROGRESSION)
Dewa 19 adalah band rock asal Surabaya, Indonesia yang sudah eksis dan aktif sejak akhir era 1980-an hingga tahun 2011. Pemilihan Dewa 19 sebagai objek penelitian dikarenakan besarnya pengaruh yang diberikan Dewa 19 terhadap musik Indonesia dan juga banyaknya karya yang sudah dihasilkan oleh Dewa 19. Penelitian ini didasarkan pada teori dan ilmu yang menjelaskan mengenai harmoni khususnya tentang akor. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi literatur, studi diskografi, dan observasi. Studi literatur pada penelitian ini menggunakan buku Karl Edmund Prier mengenai ilmu harmoni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjabarkan ciri khas musikal yang dimiliki oleh Dewa 19 dalam setiap karyanya, khususnya dari aspek progresi akor, serta menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam hal apresiasi dan penciptaan musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dewa 19 memiliki beberapa ciri khas dalam menulis progresi akornya, seperti penggunaan akor VIIb dan penggunaan akor III untuk mengakhiri satu progresi akor.
Dewa 19 is a rock band from Surabaya, Indonesia which has existed and been active since the late 1980s until 2011. The choice of Dewa 19 as the object of research was due to the great influence that Dewa 19 had on Indonesian musik and also the many works that Dewa 19 has produced. This research is based on theory and knowledge that explains harmony, especially about chords. Data collection for this studi was carried out using literature study, discographic study, and observation methods. The literature study in this study used Karl Edmund Prier's book on the science of harmony. This study aims to analyze and describe the musical characteristics possessed by Dewa 19 in each of his workss, especially from the aspect of chord progressions, and to make this research a reference in terms of appreciation and creation of music. The result of the study show that Dewa 19 has several characteristic in writing its chord progressions, such as using VIIb chords and using III chords to end a chord progression.