The Teaching and Learning Process of Writing Narrative Text during The Pandemic in EFL Class
Abstrak
Sebagai salah satu skill dari 4 skill utama Bahasa Inggris, setiap murid dituntut untuk mempunyai kemampuan menulis yang baik. Pandemi yang disebabkan oleh virus corona membuat seluruh proses pembelajaran menulis beralih menjadi virtual. Kondisi yang tiba-tiba berubah tentu memberikan efek yang beragam dalam pembelajaran menulis. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis di era pandemi. Objek penelitian ini adalah hasil proses observasi dan wawancara yng telah dilakukan pada salah satu guru Bahasa Inggris sekolah tingkat pertama dan 24 siswa yang diajar oleh guru tersebut. Peneliti juga memberikan kuisioner sebagai instrument sebagai pelengkap data yang diperoleh dari observasi dan wawancara sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap proses belajar mengajar, baik guru maupun siswa mengalami berbagai macam tantangan dalam melakukan pembelajaran menulis teks naratif. Tidak hanya itu, dari berbagai macam tantangan dalam melakukan proses belajar mengajar menulis teks naratif, peneliti juga mencoba memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam pembelajaran daring di era pandemi ini.
Kata Kunci: writing skill, pandemi, Kelas EFL
Abstract
As one of the important skills of the four main skills of English, every student is required to have good writing skill. The pandemic which is caused by the corona virus has made the entire process of learning to write virtually. Condition that suddenly change certainly have various effect in learning to write. Therefore, this study aims to explain how the process of teaching and learning writing skill especially narrative text in the current pandemic era. The object of this study is the result of an observation and interview process conducted to one of the third grade English teachers and twenty-four students taught by that teacher. The researcher also provided questionnaires as a complementary instrument to complement the data obtained from observation and questionnaires before. This study uses a qualitative approach. The result of this study indicate that in every part of teaching and learning process, both teacher and students experienced from the various challenges and difficulties in conducting learning writing narrative text. Not only that, from the various challenges and difficulties in conducting teaching and learning process of writing narrative text, the researcher also found out the right solution to solve the challenges and difficulties they faced in online learning in pandemic era.
Keywords: writing skill, Pandemic era, EFL Class.