Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Media yang dikembangkan adalah sebuah puzzle yang memiliki pola keping dengan mengikuti motif batik yang ada di Indonesia yang disebut dengan media Puzzle Montara (puzzle motif nusantara). Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dipilih untuk menambah variasi media pembelajaran pada materi bangun datar kelas IV SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Mengetahui proses pengembangan media untuk menghasilkan media puzzle montara dalam materi luas bangun datar kelas IV SD, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media puzzle montara dalam materi luas bangun datar kelas IV SD, (3) Mengetahui efektivitas media puzzle montara dalam materi luas bangun datar kelas IV SD dari hasil tes siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu model Borg and Gall yang terdiri dari sembilan tahap yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji lapangan persiapan, revisi awal produk, uji lapangan utama, revisi produk, uji lapangan operasional, dan revisi akhir produk. Kelayakan media montara didapat dari hasil validasi dan uji coba serta efektivitas media dari hasil tes siswa. Subjek uji coba media yaitu 4 siswa pada lapangan persiapan, 30 siswa pada lapangan utama, dan 53 pada lapangan operasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran puzzle montara memperoleh persentase 93% dari ahli media dan 88% dari ahli materi. Hasil ketiga uji coba lapangan mendapatkan kelayakan sebesar 92,1% dari angket pengguna (siswa) sedangkan dari hasil angket pengamat mendapatkan 88,94% dari kedua uji lapangan. Efektivitas media puzzle montara diketahui dari hasil tes siswa yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 82,87 dari ketiga uji coba lapangan. Sehingga media puzzle montara layak digunakan dalam pembelajaran bangun datar kelas IV sekolah dasar.
Kata kunci: Pengembangan, Bangun datar, Media puzzle motif nusantara.
This research is a learning media development study. The media which developed is a puzzle that has a chip pattern by following the batik motif in Indonesia called the Montara Puzzle media (Motif Nusantara Puzzle). The research on learning media development was chosen to add variety of plane learning media in fourth grade elementary school. The purpose of this development research are: (1) Knowing the media development process to produce montara puzzle media in plane material on fourth grade elementary school, (2) Knowing the level of feasibility of media puzzle montara in plane material on fourth grade elementary school, (3) Knowing effectiveness of puzzle montara media plane material on fourth grade elementary school from the results of student tests.
This type of research is development research with reference to the Borg and Gall model which consists of nine stages namely information gathering, research planning, initial product development, preparation field testing, initial product revision, main field test, product revision, operational field test, and final revision product. The feasibility of montara media is obtained from the results of validation and trials and the effectiveness of the media from student test results. The media trial subjects were 4 students in the preparation field, 30 students in the main field, and 53 in the operational field.
The results showed that the level of feasibility of montara puzzle learning media obtained a percentage of 93% of media experts and 88% of material experts. The results of the three field trials obtained a feasibility of 92.1% from the user questionnaire (students) while the results of the observer questionnaire received 88.94% from the two field trials. The effectiveness of montara puzzle media is known from the results of student tests which showed an average value of 82.87 from the three field trials. So Montara puzzle media is suitable to use in plane learning in fourth grade elementary school.
Keywords: development, plane material, montara puzzle media